Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Meningkatkan Kualitas Tidur

31 Agustus 2021   11:27 Diperbarui: 15 September 2021   03:00 437 10 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Meningkatkan Kualitas Tidur
Ilustrasi tidur berkualitas. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Tidur sangat penting, dan tidak cukup tidur bisa merusak kesehatan bahkan jika pola makan dan olahraga teratur.

Kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan produksi hormon stres, kortisol dan adrenalin, peningkatan inflamasi, dan resistansi insulin. Ini bisa mengganggu fungsi kognitif dan membuat lebih sulit untuk berkonsentrasi, serta mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan dan menaikkan berat badan.

Kita juga lebih cepat menua jika kita tidak cukup tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur bisa merusak telomer-telomer DNA kita, yang menyebabkan percepatan degenerasi dan penuaan tubuh. Ini juga bisa meningkatkan ekspresi gen yang terkait dengan inflamasi kronis, meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Sebaliknya, tidur yang cukup memiliki manfaat yang luas, termasuk peningkatan energi dan kekebalan, peningkatan kinerja atletik, dan penurunan tingkat inflamasi. Tidak diragukan lagi, tidur adalah obat yang manjur. Memprioritaskan tidur adalah salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi peradangan.

Mari kita bicarakan tentang cara meningkatkan kualitas tidur Anda dan memastikan Anda mendapatkan malam yang paling damai.

Meningkatkan Melatonin

Melatonin adalah sebuah hormon yang mengatur ritme sirkadian (pola harian yang menentukan kapan waktu tidur dan waktu bangun). Produksi melatonin yang tidak cukup bisa mempengaruhi kualitas tidur, membuat Anda lebih sulit untuk tertidur atau tetap tertidur.

Faktor-faktor tertentu bisa menurunkan melatonin Anda, antara lain:
- Paparan cahaya biru dari layar komputer atau lampu LED.
- Kekurangan zat gizi, misalnya vitamin B6, folat, Magnesium, dan seng.
- Kafein
- Obat-obatan tertentu, bisalnya betabloker dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

Paparan Cahaya Biru

Untuk meningkatkan produksi melatonin Anda, hindari cahaya biru di malam hari. Sumber utama cahaya di siang hari berasal dari matahari, yang membantu mengatur ritme sirkadian dan membuat kita tetap fokus dan waspada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan