Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Siap-siap Mengoleksi Lebih Banyak Film dengan 5G

4 Agustus 2021   05:50 Diperbarui: 4 Agustus 2021   06:28 109 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siap-siap Mengoleksi Lebih Banyak Film dengan 5G
Teknologi 5G. Sumber: thumbor.forbes.com

Artikel ini adalah kompilasi dari sebanyak mungkin data relevan termutakhir yang bisa saya kumpulkan terkait 5G yang saya minati.

Kepanjangan 5G dalam bahasa Inggris adalah Fifth Generation (Generasi ke-5), yaitu standar teknologi generasi ke-5 dalam bidang telekomunikasi untuk jaringan seluler broadband.

5G merupakan penerus 4G yang mulai disebarkan oleh perusahaan-perusahaan HP di seluruh dunia pada 2019, yang sejak saat itu menyediakan konektivitas ke sebagian besar HP. Asosiasi GSM memprediksi jaringan 5G akan memiliki lebih dari 1,7 miliar pelanggan di seluruh dunia pada 2025.

Pada 5G, sebagaimana pendahulunya, area layanan dibagi menjadi area geografis kecil yang disebut sel. Semua perangkat nirkabel 5G dalam sel terhubung ke internet dan jaringan telepon melalui gelombang radio dari antena lokal di dalam sel.

Keuntungan utama dari jaringan 5G adalah bandwidthnya yang jauh yang lebih besar, dengan kecepatan unduh yang jauh lebih tinggi, yaitu hingga 10 Gigabit per detik (Gbit/s).

Dengan peningkatan bandwidth ini, diharapkan jaringan 5G akan semakin banyak digunakan sebagai penyedia layanan internet umum untuk laptop dan komputer desktop, bersaing dengan Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provide/ISP) yang ada, misalnya internet kabel, dan juga memungkinkan aplikasi baru di Internet of Things (IoT) dan wilayah mesin ke mesin. 

Jaringan baru yang membutuhkan perangkat nirkabel berkemampuan 5G tidak bisa digunakan oleh HP 4G.

Dunia baru teknologi 5G akan mengubah hidup kita, menghubungkan jutaan perangkat, dan mengoperasikan mobil tanpa pengemudi hingga rumah pintar.

Jika dibandingkan, 5G 20 kali lebih cepat dari 4G yang banyak kita gunakan sekarang, contoh: pengunduhan sebuah film berdurasi 2 jam di 3G akan memakan waktu sekitar 26 jam, 4G 6 menit, dan di 5G hanya 3,5 detik! 

Bagi pembaca yang lebih suka mengunduh film ketimbang menontonnya daring (seperti saya), Anda harus menyiapkan lebih banyak hard disk ekternal berkapasitas besar untuk menampung film-film unduhan itu, karena saya yakin bahwa kecepatan 5G yang demikian tinggi itu cenderung akan membuat kita menumpuk banyak film sebelum ditonton. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x