Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Berilium, Logam Alkali Tanah yang Sangat Berbeda

16 Juli 2021   01:53 Diperbarui: 16 Juli 2021   02:00 217 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berilium, Logam Alkali Tanah yang Sangat Berbeda
Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA. Sumber: nasa.gov

Menurut laman NASA di atas, teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, yang akan menjadi observatorium utama dekade berikutnya, tetap sesuai jadwal untuk tanggal kesiapan peluncuran setelah 31 Oktober 2021.

Teleskop Webb akan menjadi teleskop ruang angkasa yang paling besar, paling manjur dan paling kompleks yang pernah dibangun dan diluncurkan ke luar angkasa, dan secara fundamental akan mengubah pemahaman kita tentang alam semesta.

Terdapat keseluruhan 18 segmen yang membentuk cermin utama teleskop ini, yang terbuat dari Berilium dan disalut dengan lapisan tipis emas.

Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Dalam tabel periodik, Berilium (Be) adalah unsur pertama dalam golongan Alkali Tanah atau golongan 2 dan memiliki nomor atom 4.

Unsur-unsur golongan 2 adalah versi yang kurang reaktif dari unsur-unsur golongan 1, namun bisa bereaksi dengan air dan asam, dan menghasilkan gas Hidrogen. Jika logam Alkali dalam golongan 1 bereaksi secara eksplosif dengan air dingin dan bahkan secara spontan dengan udara, logam Alkali Tanah dalam golongan 2 hanya bereaksi dengan air yang sangat panas. Reaktivitas yang lebih rendah ini disebabkan oleh konfigurasi elektron: atom-atom dari Alkali Tanah memiliki 2 elektron pada kulit terluar, dibandingkan dengan hanya 1 untuk unsur-unsur golongan 1.

Masing-masing logam Alkali Tanah memiliki proton ekstra dan elektron ekstra. Akibatnya elektron diikat lebih erat dan dibutuhkan lebih banyak energi untuk melepaskannya. Namun, begitu 2 elektron dilepaskan, atom memiliki kulit terluar yang stabil, dan hasilnya adalah ion positif bermuatan rangkap 2 yang bisa berikatan dengan ion negatif untuk membuat senyawa yang sangat stabil. Karena alasan ini, logam Alkali Tanah tidak ditemukan di alam dalam keadaan murni.

Logam Alkali Tanah adalah konduktor listrik yang lebih kuat, lebih padat dan lebih baik dibanding logam Alkali.

Pada Abad Pertengahan, istilah "tanah" ("earth") diterapkan pada zat-zat yang tidak terdekomposisi pada pemanasan, misalnya Kalsium oksida dan Magnesium oksida. Alkali Tanah bersifat "basa" karena oksidanya larut dalam air, meskipun sedikit, dan menghasilkan larutan basa.

Namun, logam Alkali Tanah yang paling ringan, Berilium, tidak memenuhi sebagian besar sifat yang dijelaskan di atas, dan sangat berbeda dengan logam-logam Alkali Tanah lainnya.

Berilium murni dan mineral Chrysoberyl dan Aquamarine. Diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 38-39.
Berilium murni dan mineral Chrysoberyl dan Aquamarine. Diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 38-39.
Nama Berilium berasal dari kata Yunani Beryllos, yang juga digunakan untuk batu mulia Beryl. Beryl mengandung senyawa Berilium Aluminium silikat (Be3Al2Si6O18) dan biasanya berwarna hijau, tetapi juga biru, merah muda, putih, dan emas. Beryl buram sekaligus  transparan. Bijih utama Berilium yang lain adalah Chrysoberyl, permata zamrud dan Aquamarine.

Pada 1798, kimiawan Prancis Nicholas-Louis Vauquelin menemukan Berilium dalam sampel Beryl, tapi perlu 30 tahun lagi sebelum unsur murni Berilium dibuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN