Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips PJJ Bersama Anak dengan Memanfaatkan Teknologi Telekomunikasi

12 Juni 2021   15:19 Diperbarui: 12 Juni 2021   15:37 101 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips PJJ Bersama Anak dengan Memanfaatkan Teknologi Telekomunikasi
Sumber: kompasiana.com/kompasiana

Konten Mengajar Terbaik Periode April 2021.

Tips PJJ Bersama Anak dengan Memanfaatkan Teknologi Telekomunikasi ini saya susun dalam diari beberapa bulan setelah terjadinya pandemi, dan sekarang saya bagikan kepada Anda.

Landasan Berpikir

1. Perkataan Albert Einstein bahwa imajinasi lebih penting ketimbang pengetahuan.

2. Situasi yang mengharuskan para siswa belajar secara daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

3. Tersedianya teknologi telekomunikasi yang memungkinkan bukan hanya pengiriman pesan teks, gambar, pesan audio dan video, audio call maupun video call, tetapi juga pengiriman file dalam keempat format tersebut.

4. Tersedianya aplikasi yang berlimpah ruah yang tinggal diunduh dan diinstal sendiri ke HP.

Persiapan
Karena saya juga Bekerja dari Rumah (Work from Home/WFH) dan dengan demikian bekerja secara lebih fleksibel, maka saya pun mendapat gagasan untuk menggunakan waktu senggang untuk melakukan memberikan PJJ kepada Putri di luar PJJ sekolahnya.

Yang terpikirkan oleh saya waktu itu, karena pertimbangan bahwa saya juga adalah seorang pembelajar dengan membaca banyak buku dalam perpustakaan saya (lihat artikel saya: Koleksi Buku di Perpustakaan Pribadi Johan Japardi), maupun sumber-sumber lainnya, maka ada beberapa topik yang bisa saya jadikan PJJ, baik untuk pembelajaran anak saya sendiri (memasak, matematika, kimia, dsb.) maupun pembelajaran bersama (bahasa Jepang).

Masing-masing topik ini akan saya tulis dalam artikel tersendiri untuk saya bagikan juga kepada para pembaca.

Tips PJJ Bersama Anak dengan Memanfaatkan Teknologi Telekomunikasi:
1. Diskusikan dengan anak apakah dia berminat melakukan PJJ di sela-sela kegiatan tatap muka di rumah setiap hari. Ini selain menambah gairah anak untuk mengikuti PJJ sekolah, juga melatih dia untuk membuat penyesuaian sendiri antara kegiatan PJJ dan tatap muka itu tanpa harus keluar rumah. Ini juga akan membuat anak semakin betah tinggal di rumah. Gunakan waktu dimana Anda dan anak Anda benar-benar senggang dan tidak sedang beristirahat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN