Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Rumah Lin Yutang

8 Mei 2021   13:24 Diperbarui: 9 Mei 2021   20:31 159 6 1 Mohon Tunggu...

Pintu masuk ke Rumah Lin Yutang, 26 Juni 2010.

Bagi Anda yang sudah membaca artikel saya sebelumnya, Lin Yutang yang Sangat Terkenal di Zamannya, inilah kisah perjalanan saya ke Rumah Lin Yutang pada 26 Juni 2010. Sebagian informasi di bawah saya terjemahkan dari bahan yang saya unduh dari laman Rumah Lin Yutang.

Lin Yutang Guju atau Rumah Lin Yutang adalah bekas kediaman yang terletak di dasar Yangminshan atau Gunung Yangming di Distrik Shilin, Taipei, Taiwan, milik Lin Yutang. Rumah ini dibangun pada 1966 atas desain Lin Yutang sendiri, yang berdinding tradisional China empat sisi (shiheyuan) dengan halaman interior. 

Rumah ini digunakan sebagai tempat tinggal Lin Yutang selama 10 tahun terakhir hidupnya. Bangunan rumah ini  mewakili gaya shiheyuan China yang dikombinasikan dengan pengaruh arsitektur Spanyol, menggabungkan gaya Timur dan Barat serta memadukan keindahan modern dan klasik. Glasir berwarna nila melengkapi dinding putih dan penambahan kisi ungu memberikan keanggunan seni yang halus.

Masuk melalui pintu bergaya Barat dan melewati beranda, terlihat taman yang diterangi sinar matahari di mana siluet pilar spiral gaya Spanyol terbentang saat sinar matahari yang hangat memperpanjang bayangannya.

dokpri
dokpri
Taman di dalam Rumah Lin Yutang. Bagian depan lantai 2 rumah dihiasi 4 pilar spiral, 26 Juni 2010.

dokpri
dokpri
Close-up taman di dalam Rumah Lin Yutang, 26 Juni 2010.

dokpri
dokpri
Close-up taman di dalam Rumah Lin Yutang, 26 Juni 2010.

Lin Yutang sangat menyukai bambu dan bebatuan sehingga dia dengan bersusah payah mendekorasi taman dengan tanaman seperti bambu zamrud, sweetgum (Liquidambar styraciflua), pakis biru dan wisteria China, membuat desain batu yang unik, dan membangun kolam ikan kecil yang indah. Dia sering duduk di kursi marmer di sebelah kolam sambil menikmati memandang ikan dengan tongkat di tangannya.

dokpri
dokpri
Rumah Lin Yutang, 26 Juni 2010.

Pada 1 April 1976, di usia 81 tahun, Lin dimakamkan di taman rumah ini. Pemerintah Kota Taipei, untuk memperingati pencapaian kesusastraan Lin Yutang, menerima dari istrinya, Liao Cuifeng, koleksi buku, manuskrip asli, berbagai tulisan dan barang-barang lain yang ditinggalkan oleh Lin Yutang dan mengubah kediamannya ini menjadi "Perpustakaan Peringatan Lin Yutang" yang dibuka untuk umum pada Mei 1985.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x