Mohon tunggu...
joga syafiq qotrunnada
joga syafiq qotrunnada Mohon Tunggu... Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli Terhadap Kegembiraan Belajar Siswa

30 April 2025   09:35 Diperbarui: 30 April 2025   09:35 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

cara melakukan gerak secara aman, efisien, dan efektif sehingga menghargai manfaat aktivitas jasmani bagi peningkatan kualitas hidup dan pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan yang seimbang.
Suherman (2000: 1) mengatakan bahwa pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui
aktivitas jasmani yang dijadikan sebagai media untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh.
Namun perolehan keterampilan dan perkembangan lain yang bersifat jasmanilah itu juga sekaligus sebagai
tujuan. Melalui pendidikan jasmani, siswa
disosialisasikan ke dalam aktivitas jasmani termasuk keterampilan berolahraga. Oleh karena itu tidaklah
mengherankan apabila banyak yang meyakini dan mengatakan bahwa pendidikan jasmani merupakan
bagian dari pendidikan menyeluruh, dan sekaligus memiliki potensi yang strategis untuk mendidik.
Namun pelaksanaan pendidikan jasmani di Indonesia terasa masih belum cukup memuaskan apabila dibandingkan dengan mata pelajaran lain atau dibandingkan dengan perannya sebagai bagian dari
pendidikan secara umum. Kelemahan itu tampak dalam beberapa aspek seperti, ketimpangan dalam alokasi waktu untuk pendidikan jasmani dibandingkan dengan
bidang studi lainnya dan status pendidikan jasmani yang masih dianggap kurang penting, dan tidak menentukan karir masa depan.
Olahraga bolavoli adalah suatu cabang olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain dan di setiap lapangan dipisahkan oleh net. Dalam permainan bolavoli ada beberapa teknik dasar yang digunakan. Teknik-teknik
dalam permainan bolavoli terdiri dari service, passing,block, dan smash. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan salah satu teknik dasar dalam permainan
bolavoli yaitu passing. Passing adalah memainkan bola kepada teman satu regu dengan teknik tertentu, sebagai
langkah awal untuk menyusun serangan kepada regu lawan. (Winarno, dkk 2013:114).
Guru mempunyai peran penting untuk membuat pembelajaran penjas yang sesuai (Sudarso dkk., 2019).
Modifikasi merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh guru agar pembelajaran mencerminkan
DAP yang berarti tugas ajar yang diberikan harus memperhatikan kemampuan anak dan dapat membantu mendorong perubahan tersebut. (Suherman, 1999:55).
modifikasi permainan bolavoli adalah memodifikasi permainan bolavoli yang sesungguhnya menjadi sebuah
permainan bolavoli yang menyenangkan bagi siswa.
Hal ini mempermudah pembelajaran bolavoli kepada siswa. Dalam penelitian ini modifikasi dilakukan hanya
pada teknik passing, yakni passing bawah dan passing atas, serta memodifikasi sarana prasarana, yakni mulai
dari bola, ukuran lapangan, tinggi net, dan jumlah pemain.

1. Guru membagi siswanya dalam beberapa kelompok Setiap kelompok terdiri dari delapan siswa dan menempati tempat yang telah ditentukan.
2. Bola yang dipassing lawan harus memantul ke tanah terlebih dahulu.
3. Dimainkan maksimal tiga kali sentuhan di lapangan sendiri.
4. bola harus memantul ke tanah maksimal sebanyak tiga kali dalam satu tim.
5. Jika bola jatuh di bidang lapangan lawan lebih dari tiga kali pantulan atau lawan tidak bisa mengembalikan bola kepada tim penyerang, maka poin untuk tim penyerang.
6. Apabila bola keluar dari bidang lapangan lawan maka poin untuk tim bertahan.
7. Pemenang ditentukan apabila sudah mencapai poin 10.
8. Dalam permainan ini hanya menggunakan satu bola.
9. Menggunakan satu bola.
Cara bermain :
1. Bila persiapan telah selesai, guru dapat
memberikan tanda bahwa permainan dimulai (dengan cara meniupkan peluit tanda dimulai).
2. Guru melempar bola ke salah satu anggota kelompok.
3. Siswa yang mendapat bola melakukan passing bawah ke teman satu tim setelah bola memantul terlebih dahulu.
4. Setiap kelompok maksimal melakukan passing bawah sebanyak tiga kali (passing ketiga di arahkan ke lawan).

Dari penelitian Carroll dan Laumidis (2001) dikatakan bahwa siswa akan lebih cenderung melakukan aktivitas fisik jika mereka menganggap kegiatan itu menyenangkan. Dalam survei besar di
Irlandia Utara yang dilakukan Kremer et al., 1997 menunjukkan bahwa 69 persen dari sampel dikatakan bahwa kegembiraan merupakan faktor yang membuat anak-anak lebih tertarik dengan olahraga yang mereka pilih, dan 75 persen menyatakan kurangnya kegembiraan adalah faktor yang membuat mereka
kurang tertarik dengan olahraga.

yang baik dan positif dalam lingkup pendidikan jasmani. Kesenangan dan kegembiraan juga dinilai menjadi alasan yang paling penting dari peringkat pendidikan jasmani dari siswa sekolah dasar di Taiwan (Chung dan Leung, 1998). Baik olahraga yang dari lembaga pendidikan dan organisasi non-pendidikan, berdasarkan penelitian yang dilakukan Fox dan Biddle (1988) dan Weiss (1987) menunjukkan bahwa kegembiraan meningkat karena siswa dapat menunjukkan kemampuannya, sehingga nantinya siswa akan senang dan melanjutkan kegiatan belajar. Hasil temuan dari beberapa studi menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pendidikan jasmani berhubungan dengan kegembiraan dalam berolahraga, sehingga kemampuan anak dapat menjadi indikator kuat pada pendidikan jasmani (Luke dan Sinclair, 1991).

Dalam hal ini peneliti melakukan modifikasi permainan agar dapat membuat siswa senang dan gembira dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Karena ketika siswa merasa gembira dengan pembelajaran yang diajarkan oleh guru, siswa menjadi termotivasi untuk melakukan sesuai apa yang diajarkan oleh guru, dengan begitu mereka akan lebih mudah menerima pembelajaran dari guru.

KESIMPULAN 
Hal ini dapat dikatakan bahwa penerapan
modifikasi permainan bolavoli terhadap kegembiraan siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kegembiraan siswa SD Negeri Pagesangan dalam
pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun