Joey Sambo
Joey Sambo

Just imagine one day meet Forrest Gum and run together...keep goin' run.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Uji Dinamis Otomotif

16 Mei 2017   16:31 Diperbarui: 16 Mei 2017   16:35 82 0 0
Uji Dinamis Otomotif
Gb. 1. Pengukuran Aliran Kelistrikan

Uji dinamis saat ini sangat diperlukan di berbagai bidang industri terutama di industri otomotif. Selain sebagai persyaratan standar kelayakan SNI (standar Nasional Indonesia) juga untuk keamanan dan kenyamanan kendaraan itu sendiri. Bagian yang perlu dilakukan pengujian dinamis antara lain struktur rangka, veleg roda, jok kursi, jendela, pintu, body, suspensi sampai dengan sabuk pengaman. Tujuan dari pengujian dinamis ini adalah untuk melihat kemampuan dari kendaraan untuk tetap aman dan nyaman saat dijalankan dan dikendarai pada kecepatan yang diperbolehkan dan kondisi jalan yang layak tanpa mengalami kerusakan.

Perkembangan dari pengujian dinamis adalah uji getar atau vibrasi dari struktur kendaraan yang bertujuan untuk mengetahui kehandalan dari instrumen kelistrikan kendaraan, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak ketika kendaraan bergetar karena mesin hidup atau melintasi jalan yang tidak rata. Struktur kendaraan disimulasikan seakan dalam keadaan beroperasi dan berada di jalanan umum. Alat penguji vibrasi dipasangkan pada posisi yang telah ditentukan, kemudian menggetarkan struktur kendaraan. 

Pada saat yang sama sistim kelistrikan kendaraan dihubungkan dengan sebuah panel pengukur. Menurut Mike Gardner dkk bahwa kelulusan dari pengujian vibrasi kendaraan bila mengcu kepada standar otomotif USA, USCAR-2, kelistrikan tidak terputus lebih dari sepersejuta detik (microsecond) dan tidak ada tahanan yang lebih dari 7 ohm selama sepersejuta detik (microsecond) seperti yang digambarkan pada grafik di bawah.


Beberapa alat uji getar yang sering digunakan di Indonesia adalah buatan Jerman, USA, Jepang dan Taiwan. Namun peralatan uji dinamis untuk pengujian vibrasi kendaraan mulai banyak menggunakan merek Hung Ta buatan Taiwan. Selain harganya yang ekonomis, kualitasnya dapat diandalkan dan mampu bersaing dengan produk buatan negara lain. Sebagai penyalur tunggal merek Hung Ta, PT Ostenco Promitra Jaya yang selalu berkomitmen mengutamakan kepuasan pelanggannya, menawarkan mesin uji dinamis seri HT 9711. Alat uji dinamis HT 9711 ini dilengkapi dengan servo hydraulic system yang merupakan sistim hidrolis dimana katup (valve) yang digerakkan dengan listrik mengatur aliran fluida menuju alat penggerak (actuator). Katup servo dan katup proporsional servo yang beroperasi dengan cara transformasi perubahan sinyal masuk digital atau analog menjadi gerakan halus di dalam tabung hidrolis. Perangkat kontrol atau interface-nya menggunakan sistim komputer yang didukang program Microsoft. Gambar 2 dan 3 adalah alat uji dinamis seri HT-9711 dan actuator servo.

Gb. 2. Alat Uji Dinamis Seri HT-9711
Gb. 2. Alat Uji Dinamis Seri HT-9711

Gb. 3. Aktuator Dinamis Seri HT-2110
Gb. 3. Aktuator Dinamis Seri HT-2110
Alat uji dinamis yang tersedia secara ready stock, pengiriman cepat dan dukungan teknisi yang handal menjadikan HT-9711 bersama alat uji lainnya banyak dipesan laboratorium yang bergerak di bidang otomotif. Selain dipesan sebagai alat penguji vibrasi, seri HT-9711 juga dapat digunakan untuk pengujian simulasi kehandalan dash board, roda, perlengkapan olah raga, sepeda motor, ketahanan gempa bangunan dan uji fatik material seperti yang diperlihatkan pada Gambar 4.
Gb. 4. Aplikasi Alat Uji Dinamis
Gb. 4. Aplikasi Alat Uji Dinamis

Label SNI yang diberikan kepada produk yang memenuhi standar sertifikasi kelayakan telah meningkatkan nilai jual dan produksi. Sertifikasi SNI yang tertera pada sebuah produk suku cadang otomotif, menunjukkan bahwa produk tersebut telah lulus dari beberapa tahap pengujian seperti uji dinamis misalnya. Begitupun dengan telah berlakunya kesepakatan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) per januari 2016, membuat semaua produk berlabel SNI atau Standar Internasional sudah menjadi keharusan agar bisa bersaing dengan produk-produk negara ASEAN. Kualitas yang baik dan ketepatan waktu dalam memproduksi barang sudah menjadi persyaratan mutlak yang tidak dapat ditawar atau ditunda lagi. Konsumen dalam ataupun luar negeri lebih mengutamakan pembelian barang yang sudah lulus pengujian. 

Mengantisipasi hal ini PT Ostenco Promitra Jasa selalu mengikuti kebutuhan industri akan alat-alat uji laboratorium seperti HT-9711 dan alat-alat uji lainnya seperti uji Tarik, Tekan, Charpy Impact, Rotary Bending Fatigue Testing Machine, Servo Motor Torque Testing Machine, Stress Relaxation PC Strand, Dead Weight Force Calibrator, Servo Hydraulic Concrete Compression, Servo Hydraulic Horizontal Tensile Machine, Rubber & Plastic Testing Machine, Environmental Testing Chamber, Paper, Carton Box & Packaging Testing Machine, Bicycle Testing Machine, Tire & Rim testing Machine, Automotive and Motorcycle Testing Machine dan alat uji Metallography. Semua alat-alat uji tersebut dalam keadaan ready stock dan siap kirim.

*)Magister Teknik-Metalurgi dan Material

email: djodi.sambodo@ilumet.org

djodi.budi@alumni.ui.ac.id