Jovie Candra P
Jovie Candra P Enterpreneur and Freelancer

I enjoy working on everything of the art based, traveling, and communication. I'm a content writer, graphic designer, and musician. This is my personal blog ---> www.joecandra.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Data Digital Sering Hilang? Yuk Beralih ke Media Penyimpanan yang Aman dan Praktis

22 April 2018   23:45 Diperbarui: 24 April 2018   16:37 1206 0 0
Data Digital Sering Hilang? Yuk Beralih ke Media Penyimpanan yang Aman dan Praktis
source : www.dunya.com

Sering sekali saya mendapat keluhan dari teman-teman saya sewaktu masih kuliah tentang  data-data tugas dan skripsi yang ada di flashdisk hilang secara tiba-tiba, sebagai anak IT yang salah jurusan (hehehe) saya pun mencoba menemukan dan mengembalikan kembali data-data yang hilang.

Terkadang cara yang saya lakukan berhasil dan terkadang nihil. Kehilangan data-data penting memang membuat kita merasa emosi, ingin menangis, dan frustasi. Lalu apa yan saya lakukan? Pada saat itu saya hanya bisa pasrah ketika saya tidak bisa mengembalikan data-data teman saya yang hilang and I just said "sorry" hehehe.

design by me
design by me
Banyak sekali akibat yang akan kita hadapi ketika kita kehilangan data yang sangat penting. Masalah terbesar adalah kita harus mengerjakan lagi dan akan membuang waktu produktif kita.

  1. Bagi mahasiswa, kehilangan data tugas kuliah merupakan hal terberat yang akan dialami, apalagi ketika data penelitian kita untuk skripsi dan TA yang hilang, bisa-bisa dunia seakan-akan terbalik. Akibatnya, kita harus melakukan penelitian kembali untuk memiliki data tersebut.
  2. Kehilangan data bagi profesional muda akan berdampak pada kepercayaan client terhadap integritas kita. Kemungkinan terburuk apabila data kerjasama dan presentasi kita hilang, maka tingkat kepercayaan client akan menurun dan bisa jadi membatalkan tender.
  3. Tidak menutup kemungkinan juga bagi seorang entrepreneur akan mengalami kehilangan data penting. Data perusahaan termasuk laporan keuangan, dokumentasi, dll akan menjadi hal yang sangat menyeramkan apabila data tersebut hilang.

Banyak sekali akibat yang akan dialami ketika data-data penting tersebut hilang, dan kejadian tersebut hampir dialami oleh setiap orang. Data penting tersebut biasanya di simpan di dalam flasdisk, hardisk, MSD, dll.

Selain kehilangan data-data penting, ada kejadian lain yang membuat kita geram ketika kita berurusan dengan data, yaitu ketika memori pada ponsel penuh karena terlalu banyak data yang tersimpan.

design by me
design by me
Seringkali kita merasa jengkel terhadap ponsel yang memorinya terlalu penuh. Di kutip dari situs Dunia Android, beberapa efek yang ditimbulkan dari memori penuh adalah :

  1. Aplikasi Macet : Hal yang sangat menganggu produktivitas kita dengan HP adalah aplikasi yang macet, sehingga kinerja HP menjadi tidak Maksimal.
  2. Ponsel Lemot : Peristiwa ini diakibatkan karena terlalu banyak cache yang ter-index oleh sistem, sehingga membutuhkan kinerja prosesor dan RAM yang besar.
  3. Gagal Update Aplikasi : Terlalu banyak data yang tersimpan akan membuat kita gagal memperbaharui aplikasi, dikarenakan minimnya kapasitas memori yang tersedia.
  4. Baterai Boros : Efek yang keempat adalah baterai akan menjadi boros karena membutuhkan daya yang cukup banyak untuk kinerja hardware.
  5. Ponsel Cepat Panas : Prosesor dan RAM akan bekerja secara ekstra sehingga menyebabkan ponsel cepat panas.

Kehilangan data dan permasalahan memori ponsel penuh merupakan kejadian yang sering kita hadapi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada media penyimpanan yang lebih canggih? Atau kita hanya bisa pasrah?.

source : www.id.techinasia.com
source : www.id.techinasia.com
Pada gambar di atas, membuktikan bahwa semakin tahun, semakin meningkat pengguna ponsel di seluruh dunia. Itu artinya semakin banyak orang yang kemungkinan mengalami kehilangan data dan memori penuh.

Di era digital ini, perkembangan teknologi sangat cepat dan pesat termasuk teknologi yang dikembangkan pada sebuah media penyimpanan. Media yang harus kita gunakan untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan data adalah media penyimpanan yang aman dan praktis.

design by me
design by me
Aman memiliki arti bahwa media yang dapat menyimpan dan melakukan proses back up secara otomatis dan dapat meminimalisir kehilangan data penting, sedangkan media penyimpanan yang praktis adalah media yang bersifat portable yang diandalkan dalam kondisi apapun dan dapat digunakan pada media apapun.

Dari permasalahan tersebut, SanDisk menjawabnya dengan menghadirkan 2 produk unggulan berupa iXpand Base dan SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat di era digital.

  • Charge and Back Up

Salah satu selling point atau pun keunggulandari iXpand Base adalah charge and back up, keunggulan ini sangat memudahkan kita sebagai pengguna ponsel melakukan 2 aktivitas sekaligus.

Ketika ponsel kita dalam keadaan mengisi baterai, maka di saat itu pula lah proses back up dilakukan oleh iXpand Base. Selain itu, ada juga beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh iXpand Base seperti pada gambar di bawah ini.

source : www.sandisk.id
source : www.sandisk.id
Kehadiran iXpand Base benar-benar merupakan sebuah terobosan terbaru yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era digital. Back up yang dilakukan olehiXpand Base adalah mencadangkan foto, video, dan kontak pada iPhone yang kita miliki.

Selain itu, iXpand Base juga membantu kita untuk mendapatkan kembali data-data kita dengan mudah. Sistem operasi yang cocok adalah Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, Chrome OS, Mac OS X v10.8 and higher.


Dan untuk perangkat yang cocok adalah iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone SE, iPad Air, iPad mini, iPad mini 4, iPad Pro 12.9", iPad Pro 9.7" iPad with Retina display, with Lightning connector and iOS 10+.

  • Smartphone and Computer

Terkadang kita membutuhkan waktu yang singkat untuk memindah data dari ponsel ke komputer atau pun sebaliknya. Maka dari itu, SanDisk menjawab dengan menghadirkan sebuah produk yaitu SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 yang dilengkapi dengan konektor USB 3.0 dan micro USB.

source : www.sandisk.id
source : www.sandisk.id
Berbagai macam aktivitas dan profesi saat ini memang sangat membutuhkan dan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Media penyimpanan yang praktis pun banyak di buru untuk mempermudah dan mendukung aktivitas kita.

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 dapat terdeteksi secara otomatis ketika terhubung ke smartphone atau tablet yang mendukung OTG (On The Go), sehingga produk ini sangat praktis digunakan oleh masyarakat di era digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2