Mohon tunggu...
Jocephine CornelyaCristy
Jocephine CornelyaCristy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Desain Interior, UKP, 2018

Hai , guys.. Selamat membaca..

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

5 Tips Ciptakan Interior Ruang Belajar yang Nyaman untuk Anak

3 Desember 2021   18:02 Diperbarui: 3 Desember 2021   19:10 123 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber. Dokumen Pribadi

Suasana ruang sangat berpengaruh dalam menarik minat anak untuk belajar. Ruang belajar yang nyaman dapat menambah konsentrasi, dan ketertarikan anak mengenai pembelajaran yang diberikan. Berikut beberapa tips untuk orang tua dalam menciptakan suasana ruang belajar yang nyaman supaya anak dapat belajar dengan optimal : 

Pertama, sediakan perabot aman dan nyaman dengan ukuran yang tepat untuk anaka-anak. 

Membuat perabot harus berdasarkan ukuran penggunanya sehingga tidak akan menimbulkan cidera jika digunakan dalam jangka panjang. Penghitungan ini bisa disebut dengan RULA (Rapid Upper Limb Assessment). RULA merupakan teknik untuk mengukur tubuh bagian atas seperti lengan, leher, punggung, yang memiliki resiko dalam penggunaan perabot. 

Perhitungan ini akan menjadi acuan dalam membuat perabot. Dengan fasilitas perabot yang nyaman untuk anak dapat meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar karena tidak ada keluhan merasakan sakit di berbagai area tubuh saat duduk cukup lama. 

Perabot yang tidak seimbang dapat kita lihat secara langsung seperti : 

  1. Saat anak-anak duduk pada kursi dan posisi kakinya menggantung, karena kursi terlalu tinggi

  2. Anak menulis dengan membungkuk, karena meja yang digunakan terlalu rendah sehingga jarak mata dengan buku semakin jauh.

  3. Bagian tubuh yang terlihat keluar dari bagian perabot, karena ukuran perabot yang terlalu kecil untuk mewadahi ukuran tubuh anak.   

  4. Anak duduk terlalu tegak karena meja yang terlalu tinggi dan jarang dengan alas dudukan terlalu jauh sehingga susah digunakan untuk menulis.

Contoh kasus diatas yang membuat tidak dapat berkonsentrasi saat dan menjadi masalah yang serius. Masalah tersebut dapat menimbulkan gejala kelainan pada tulang seperti lordosis, kifosis, dan skoliosis. Maka dari itu, pengukuran yang tepat sangat penting dalam pembuatan perabot. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan