Mohon tunggu...
Jilan akbar
Jilan akbar Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Busy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Seberapa Tinggi Dampak Google terhadap Penggunanya?

20 Juni 2021   19:09 Diperbarui: 20 Juni 2021   19:16 24 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seberapa Tinggi Dampak Google terhadap Penggunanya?
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Google merupakan situs web terbesar sebagai tempat pencarian bagi seluruh orang di dunia ini. Mengapa dapat dikatakan demikian?, Karena dengan melakukan pencarian di google semua orang dapat lebih mudah mendapatkan apa yang ingin dicari olehnya, sehingga situs ini dapat dikatakan menjadi salah satu platform terbesar bagi seluruh orang dari berbagai macam negara.

Banyak hal-hal yang harus di hindari oleh para pengguna google pada saat melakukan pencarian contohnya seperti : Mencari panduan tentang bagaimana saham dan keuangan, Mencari situs web perbankan, Mencari antivirus gratis dan masih banyak yang lainnya.

Mengapa hal-hal tersebut dapat membahayakan bagi pengguna google?, Dikarenakan pada saat memasuki salah satu web tersebut dapat meningkatkan terjadinya phising pada saat anda melakukan atau memasukan identitas data diri anda sebagai pengguna google contoh nya seperti anda login dengan id dan password e-banking anda.

Apa itu phising dalam kejadian tersebut?

Phising dalam kejadian tersebut dapat dikatakan sebagai teknik pengelabuan yang biasanya dilakukan oleh hacker untuk mendapatkan serta membocorkan data pribadi ( Nama dan usia), data finansial (Informasi kartu rekening maupun kartu kredit), Serta data akun seperti (Username dan Password)

kegiatan phising ini bertujuan untuk memancing seorang pengguna untuk memberikan informasi pribadi tanpa mereka sadari. ketika hacker tersebut sudah mendapatkan data yang diinginkan dari seseorang, Maka data yang didapatkan akan disalah gunakan oleh hacker tersebut. contohnya seperti membuat hal-hal yang tidak benar dalam akun social media pengguna yang telah terkena phising.

Tingkat yang paling berbahaya pada phising yaitu ketika bocornya data finansial. mengapa? Karena jika data finansial seseorang atau e commerce terkena phising maka hacker tersebut akan melakukan tindak kriminal seperti membeli barang dengan cuma".

Salah satu contoh e commerce yang terkena phising adalah tokopedia. Kebocoran data tersebut menimpa sebesar 15 juta pengguna tokopedia. hal itu terjadi dikarenakan scam dan phising.

apa itu Scam?

Scam bisa dikatakan tidak jauh beda dengan phising. karena dalam tindak kejahatan scam yaitu bertujuan untuk meyakinkan para pengguna misalnya seperti memberi tahu pengguna bahwa mereka memenangkan hadiah tertentu yang akan didapat jika pengguna tersebut memberikan sejumlah uang.

contoh dari phising yang terjadi dalam kasus tokopedia ini adalah memberikan arahan ke situs tokopedia palsu, Sehingga para pengguna tidak menyadari kejadian tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x