Mohon tunggu...
Jilal Mardhani
Jilal Mardhani Mohon Tunggu... Pemerhati

“Dalam kehidupan ini, selalu ada hal-hal masa lampau yang perlu kita ikhlaskan kepergiannya.”

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Surat untuk Presiden RI 2019-2024, soal Pernyataan Telah Bekerja Cukup Baik

4 Oktober 2020   16:21 Diperbarui: 4 Oktober 2020   16:27 88 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Surat untuk Presiden RI 2019-2024, soal Pernyataan Telah Bekerja Cukup Baik
Worldmeter.com

Kepada yth.Bapak Joko Widodo,
Presiden RI 2019-2024.

Re: Meluruskan Pernyataan Soal Telah Bekerja Cukup Baik

Tadi malam saya mendapat tautan. Isinya rekaman pidato Bapak berjudul "Presiden Jokowi: Keseimbangan dan Optimisme, Strategi Penanganan Covid-19" yang berdurasi 7:55 menit itu. Tentang perkembangan pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi. Juga penjelasan mengenai kerja yang dilakukan pemerintahan yang  Bapak pimpin.

Saya bukan ingin berpolemik. Sebab ingin mematuhi himbauan yang Bapak sampaikan di sana. Agar saat ini kita tak melakukannya. Tapi saya hanya ingin meluruskan sejumlah pernyataan yang Bapak sampaikan. 

Sebab berkemungkinan berdasarkan pemahaman yang keliru. Entah karena penjelasan yang disampaikan para pembantu Bapak tak utuh. Atau mungkin pula disebabkan Bapak terburu-buru menyimpulkannya sendiri. Sebab, sebagai presiden dan kepala negara, Bapak pasti sangat sibuk menjalankan amanah yang kami serahkan. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang.

+++

Kekeliruan pertama dan paling utama adalah ketika Bapak menyebutkan jumlah kasus positif maupun angka meninggal dunia di negara kita yang relatif lebih kecil. Tentunya jika dibandingkan negara-negara yang jumlah penduduknya sepadan dengan Indonesia.

Saya setuju terhadap himbauan Bapak pada pidato tersebut. Membandingkan Indonesia sepatutnya kepada negara-negara demikian. Oleh karena itu, untuk mendasari kritik yang disampaikan melalui surat ini, saya menggunakan data dari negara-negara yang jumlah penduduknya menyerupai kita. Seluruhnya saya unduh dari situs worldometer.info yang memuat informasi statistik covid-19 di seluruh dunia.

Izinkan saya menggunakan 4 negara lain yang jumlah penduduknya sepadan, sebagai pembanding. Yakni, India, USA, Pakistan, dan Brazil. Saya juga menyertakan statistik rata-rata dunia sebagai acuannya.

+++

Dari 5 negara tersebut (per 3 Oktober 2020), jika dilihat dari jumlah penduduknya, Indonesia berada di urutan ketiga terbanyak. Di bawah India dan Amerika. Tapi masih di atas Pakistan dan Brazil.

Berdasarkan jumlah tes yang dilakukan, Indonesia adalah yang terendah. Yakni 13 tes per 1000 penduduk. Paling banyak dilakukan USA (331).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN