Mohon tunggu...
hasran wirayudha
hasran wirayudha Mohon Tunggu... welcome to my imagination

orang kecil dengan cita-cita besar

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

PCX Masih Kalah dengan Nmax

28 Februari 2019   08:37 Diperbarui: 28 Februari 2019   08:37 0 1 0 Mohon Tunggu...
PCX Masih Kalah dengan Nmax
080578300-1525951588-honda-pcx-yamaha-nmax-5c773c2812ae943a79575ff3.jpg

dari tahun ketahun trend perkembangan sepeda motor matik kian mendominasi penjualan motor, bahkan dari pengamatan saya mungkin persentasi populasi motor matik yang beredar mencapai 70%, kita bisa melihat sendiri betapa banyaknya pengguna motor matik yang berlalu lalang di jalanan, sedangkan motor jenis bebek sangat sedikit, malah lebih banyak jenis motor sport. motor matik dipilih karena penggunaannya lebih mudah tanpa perlu memindahkan persneling saat melaju bahkan anak-anak pun sudah banyak yang bisa. 

awalnya motor matik ini pasarnya lebih fokus untuk entry level, namun seiring perkembangan zaman ternyata peminatnya bukan hanya untuk konsumen entry level melainkan sudah mencakup semua level, sehingga kehadiran motor matik dengan kelas lebih tinggi diharapkan mampu menjawab kebutuhan kaum milenial yang memiliki budget lebih banyak dengan model lebih mewah. salah satu produknya adalah yamaha Nmax.

yamaha Nmax pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 2015 dan langsung mendapat respon positif dari para pengguna motor hingga mengantarkan yamaha Nmax masuk dalam 10 daftar motor terlaris. melihat kesuksesan yamaha Nmax tentu honda sebagai penguasa pasar sepeda motor tanah air tidak tinggal diam melihat kedigdayaan Nmax dengan mengeluarkan PCX terbaru pada tahun 2017.

sebetulnya honda PCX sudah lahir terlebih dahulu tepatnya tahun 2009 yang diproduksi di thailand, kemudian dimasukkan ke dalam pasar indonesia dengan status CBU, seperti yang kita tahu dengan status CBU maka harga jual PCX di Indonesia menjadi mahal sekitar Rp 38jt, sehingga matik ini kurang diminati bahkan penjualannya sangat sedikit. 

yamaha sebagai pesaing honda melihat kelemahan PCX ini dan mengeluarkan Nmax produksi lokal tahun 2015 dengan tampilan dan fitur yang cukup lengkap dengan harga lebih murah yaitu antara Rp 26jt hingga Rp 32jt. walhasil tentu saja ini menjadi primadona baru bagi pecinta motor matik gembrot.

honda yang terlambat menyadari kelemahan PCX harus mengalah hingga akhirnya new PCX produksi lokal terlahir tahun 2017 saat dimana motor matik gembrot sudah dikuasai Nmax.

satu tahun perjalanan PCX cukup menjanjikan kesuksesan dengan berhasil masuk dalam 10 daftar motor terlaris tahun 2018, namun sekali lagi penjualan honda PCX masih kalah dari Nmax berikut data penjualan motor semester 1 tahun 2018:

Nmax : 261.542 unit

Pcx      :  72.412 unit

dari data di atas diketahui bahwa penjualan PCX masih kalah jauh dengan Nmax dengan selisih 189.130 unit atau hanya sekitar 27% dari penjualan Nmax. padahal dari segi harga dan fitur kedua kendaraan ini cukup setara  namun ada beberapa hal yang menyebabkan PCX belum mampu bersaing dengan Nmax yaitu :

1. desain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x