Mohon tunggu...
Jhon Miduk Sitorus
Jhon Miduk Sitorus Mohon Tunggu... Ekonomi, Politik dan Sepakbola

Instagram @Jhonmiduk8

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke Semifinal AFF 2018, Begini Skenarionya

19 November 2018   14:33 Diperbarui: 19 November 2018   18:42 0 9 5 Mohon Tunggu...
Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke Semifinal AFF 2018, Begini Skenarionya
Para pemain Timnas Indonesia sedang melakukan selebrasi sesaat setelah mencetak gol. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Nasib Timnas Indonesia sedang diujung tanduk. Baru memetik 3 Poin dari 3 pertandingan laga penyisihan Grup B Piala AFF 2018, Indonesia dihadapkan dengan sejumlah drama yang sangat menentukan perjalanan punggawa garuda muda ke babak berikutnya. 

Untuk sementara, Indonesia bercokol di peringkat 4 Klasemen sementara. Sementara Thailand dengan 6 Poin, Filipina dengan 6 poin dan Singapura 3 dengan raihan 3 poin baru mengoleksi dua pertandingan. Artinya, Peluang untuk lolos dari ketiga tim diatas lebih besar jika dibandingkan dengan Timnas Indonesia.

Lantas, apakah peluang Tim besutan Bima Sakti ini masih bisa melenggang ke babak berikutnya mengingat Timnas Indonesia biasanya selalu lolos ke babak gugur piala AFF? Jawabannya tentu bisa. Indonesia bisa lolos bukan hanya ditentukan oleh Timnas Indonesia itu sendiri, tetapi juga tergantung kepada nasib tim lain yang bermain, termasuk penghuni dasar klasemen, Timor Leste.

Berharap Filipina Tidak Memetik Poin

Harap-harap cemas kepada anak Asuh Sven Gorran Ericson. sumber : sidomi.com
Harap-harap cemas kepada anak Asuh Sven Gorran Ericson. sumber : sidomi.com
Sambil menunggu partai besar nan menegangkan antara skuat Garuda dengan Filipina pada hari Minggu, 25 November 2018, skuat Young Husband dkk akan terlebih dahulu berhadapan dengan pasukan Gajah Putih pada 21 November 2018. Agar Indonesia bisa lolos ke babak selanjutnya, Thailand harus menang dan tidak boleh imbang. 

Jika sampai bermain seri, maka otomatis Thailand dan Filipina tidak akan bisa terkejar lagi karena sudah meraih 7 poin sementara poin maksimal yang bisa dicapai oleh Indonesia hanyalah 6 poin.

Kemenangan Thailand akan menjadi jaminan bagi Indonesia setidaknya bisa menentukan nasibnya sendiri. Tetapi perlu diperhatikan, laga ini dimainkan di kandang Filipina, dengan dukungan supporter tuan rumah sendiri di Panaad Stadium. 

Motivasi Filipina untuk menang lebih tinggi dan antusias. Tetapi, jika Thailand bisa menang dengan selisih 3 gol atau lebih, maka ini akan menjadi bonus berikutnya bagi Timnas Indoensia karena saat ini peroleh gol bersih Filipina lebih baik (+2 gol) dari timnas Indonesia yang (-1 gol) hasil dari memasukkan 5 gol dan kemasukan 6 gol.

Singapura Tidak Pesta Gol melawan Timor Leste

Timnas Singapura diharapkan tidak berpesta gol melawan Timor Leste sumber : indosport
Timnas Singapura diharapkan tidak berpesta gol melawan Timor Leste sumber : indosport
Sambil menunggu laga Thailand vs Filipina, hasil Singapura vs Timor Leste juga patut ditunggu karena sangat menentukan. Syukur-syukur jika Timor Leste bisa menang atau menahan imbang saja. Tetapi bagaimana jika sampai Singapura menang? 

Maka, sementara mereka akan menduduki klasemen ke dua jika bisa menang dengan margin 2 gol, tentu dengan syarat diatas, Filipina kalah dari Thailand.

Agar peluang Indonesia tidak terlalu berat, skenarionya diharapkan Singapura tidak sampai berpesta gol melawan Timor Leste. Tetapi, agak sulit diharapkan karena selama ini Timor Leste merupakan lumbung gol bagi grup B. 

Thailand bahkan mengamuk Timor Leste 7-0, Indonesia 3-1, dan Filipina 3-2. Jika dihitung secara matematis saja, Indonesia yang kalah 1-0 dari Singapura, kemungkinan Singapura akan membobol lebih dari 3 gol ke gawang Timor Leste.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN