Mohon tunggu...
Jha Anin
Jha Anin Mohon Tunggu... Penulis - ...

Sebaik-baiknya... Sehormat-hormatnya...

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Australia Lockdown: Hampir Setengah dari Jumlah Warga Terkurung

30 Juni 2021   06:30 Diperbarui: 30 Juni 2021   08:43 148 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Australia Lockdown: Hampir Setengah dari Jumlah Warga Terkurung
Tangkapan layar postingan Instagram @guardianaustralia

6 Kota Besar Australia Lockdown

Australia sedang diterjang gelombang kepanikan. Pemerintah Australia terpaksa harus me-lockdown kota-kota besarnya.

Tercatat, total ada 6 kota besar yaitu Sydney, Darwin, Perth, Brisbane, Gold Coast, dan Townsville yang telah lockdown. Sekitar 10,5 juta warga atau hampir setengah dari total jumlah warga Australia yang akan dikurung.

Sebelumnya, kompas.com  memberitakan pemerintah Australia mengumumkan Sydney dan Darwin akan lockdown mulai pada senin tengah malam (28/6/2021). Lockdown berlangsung minimal empat hari. Berselang beberapa jam, Perth dan Brisbane diumumkan juga akan diberlakukan lockdown. Terakhir, ada Gold Coast dan Townsville yang juga ikut menyusul lockdown pasca ditemukannya kasus baru.

Sikap pemerintah Australian me-lockdown kota-kota besanya ini muncul pasca melonjaknya kasus Covid-19 varian Delta. Berbagai kritikan bermunculan mulai dari warga hingga para akademisi Australia.

Misalnya, langkah  lockdown ini dianggap merupakan hasil dari tidak tegasnya pemerintah menerapkan kebijakan penanganan. Mereka menilai kebijakan  tersebut akan semakin merugikan para pekerja.

"Along with more support to workers caught by new lockdowns, we need a more aggressive approach to the vaccine rollout," Chris Edmond, economics professor at The University Of Melbourne.

Lockdown Akibat dari Gagalnya Pengadaan Vaksin

Chris Edmond menilai pemerintahan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison gagal dalam pengadaan dan peluncuran vaksin. Hal itu dibuktikan dengan diberlakukan kembali metode lockdown sebagai cara untuk menjaga agar pandemi dapat terkendali.

Diketahui, lebih dari 7 persen populasi atau sekitar 1,46 juta warga Australia saat ini  telah menjalani vaksinasi penuh Covid-19. Menteri Kesehatan, Greg Hunt, mengatakan hampir 5,9 juta dari 20,6 juta warga Australia yang memenuhi syarat telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

Hingga akhir pekan lalu, 88.287 pekerja dari 262.876 di seluruh Australia dilaporkan telah menerima suntikan vaksin corona dosis pertama, sementara 42.794 pekerja lainnya telah menerima dosis kedua mereka.

Menurut Chris vaksin merupakan solusi. Oleh karena itu, dia menganjurkan Pemerintahan Morrison agar mengambil pendekatan agresif dalam mengadakan vaksin sambal diberlakukannya lockdown.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN