Mohon tunggu...
Jessica Christina
Jessica Christina Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hospitality and Tourism student of Trisakti Institute of Tourism

Salah satu penerima Beasiswa Unggulan Kemdikbud RI tahun 2017, prodi S1 Hospitaliti dan Pariwisata - Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hobi Saat Pandemi

23 Februari 2021   20:29 Diperbarui: 23 Februari 2021   21:58 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya Jessica Christina, mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti prodi S1 Hospitaliti dan Pariwisata 2017 - dan salah satu penerima Beasiswa Unggulan Kemdikbud Republik Indonesia. Tulisan yang saya buat biasanya berdasarkan pengalaman atau pendapat pribadi saya.

Sejak pandemi COVID-19 mulai bulan Maret 2020, saya memiliki beberapa hobi baru untuk membiasakan diri dengan keadaan yang baru. Mulai dari tren Dalgona Coffee yang menjadi hobi beberapa orang - mengakibatkan kelangkaan produk pada satu merek kopi bubuk instan, mulai kebiasaan berjemur yang awalnya menjaga agar tubuh tetap bugar namun menjadi hobi karena tubuh terasa nyaman saat terkena matahari pagi, hingga hobi olahraga mengikuti Chloe Ting dari video di Youtube. Masing-masing orang memiliki hobinya sendiri untuk mengisi kegiatan saat pandemi, namun adakah yang benar-benar ditekuni?

Saya sendiri saat awal pandemi merasa butuh diet dan berolahraga, karena aktivitas fisik menurun drastis namun keinginan untuk makan dan ngemil malah naik juga. Akhirnya, saya memutuskan untuk berolahraga. Saya memaksakan diri dengan menetapkan target dan self-reward agar lebih fokus. Awalnya butuh perjuangan karena saya tidak suka berolahraga. Lama-kelamaan jadi hobi, mencari olahraga yang cocok dengan saya, apalagi setelah terasa manfaatnya. 

Bahkan pada bulan kedua berolahraga, saya bisa melaksanakannya setiap hari dengan target repetisi yang meningkat setiap minggunya dan merasa tubuh lebih bugar. Selain itu, saya juga memutuskan untuk mempelajari bahasa asing pada April 2020. Terasa menyenangkan, dan berlangsung hingga beberapa bulan lamanya. Salah satu kepuasan pribadi adalah ketika saya dapat membaca subtitle bahasa asing dan mengartikannya sendiri. Saya menekuni dan memiliki catatannya tersendiri. 

Perasaan yang ditimbulkan dari menjalani kedua hobi tersebut unik, karena sebelumnya saya tidak ada niat untuk melakukan kedua hal itu. Namun, kedua hobi itu hanya berlangsung hingga beberapa bulan saja. Bulan selanjutnya hobi saya berubah lagi menjadi nonton series dan bermain game. Kalau diliat orang-orang lainnya, sekarang banyak yang hobinya bersepeda. Kedepannya sih, pasti akan ada hobi baru lagi. Saya berusaha untuk mencari kegiatan (dan semoga bisa menjadi hobi) yang memberi keuntungan atau perkembangan diri sendiri, tidak hanya sekedar hiburan saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun