Mohon tunggu...
JESSICA VALENTINA CHANDRA
JESSICA VALENTINA CHANDRA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Personal blog

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 9

8 Desember 2022   21:38 Diperbarui: 8 Desember 2022   22:14 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jessica Valentina Chandra

6112201028

Tugas Geladi Hominisasi 9

Dalam proses geladi yang telah saya ikuti, saya telah mengerjakan tugas pra geladi mulai dari menulis lirik mana yang paling menarik dari lagu Indonesia Raya 3 stanza dan menonton film dokumenter setelah itu mencari hal yang menarik yang dapat diambil dari film tersebut. Pada saat acara geladi, saya berdinamika dengan teman-teman lintas jurusan lain untuk membuat presentasi mengenai hari anak sedunia, kelompok kami semua saling bekerja sama dan kompak. 

Dalam kelompok tersebut saya menjadi host dalam presentasi, awalnya saya merasa ragu dan canggung untuk bisa berbicara langsung dengan teman-teman lainnya, tetapi setelah proses diskusi berjalan, saya mulai memahami manfaat yang saya dapat setelah menjadi host sehingga kelompok kami masuk ke dalam nominasi presentasi kelompok yang baik. Refleksi pengalaman saya mengenai geladi yang saya ikuti yaitu benefitnya mulai dari skill komunikasi, cara penggunaan SWOT yang baik, dan juga meningkatkan rasa percaya diri saya melalui dinamika kelompok kerja sama yang baik antar mahasiswa dan mahasiswi. 

Setelah saya mengikuti geladi hominisasi ini saya rasa kita perlu memiliki kemampuan menggunakan logika dan bahasa karena dengan bahasa kita bisa saling berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya, selain itu logika juga diperlukan agar pembicaraan yang dibahas masuk akal dan logis. Manfaat dari geladi ini, saya merasa skill saya dalam berkomunikasi lebih meningkat karena saya introvert dan setelah ikut geladi ini rasa percaya diri saya mulai meningkat melalui dinamika kelompok. 

Cara menerapkan kemampuan setelah saya mengikuti geladi ini dalam perjalanan kuliah yaitu skill public speaking, dan berani untuk bicara di depan umum, selain itu menggunakan bahasa indonesia untuk berbicara yang baik dan benar dengan sesama sebagai warganegara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun