Mohon tunggu...
Jericho
Jericho Mohon Tunggu... Freelancer - Ini Jericho

Hi

Selanjutnya

Tutup

Film

Joko Anwar, Auteur Indonesia yang Masuk dalam Mengelilingi Berbagai Festival Film Internasional

27 September 2021   17:52 Diperbarui: 27 September 2021   18:08 43 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Joko Anwar, Auteur Indonesia yang Masuk dalam Mengelilingi Berbagai Festival Film Internasional
Sumber: Tribunnews

Film disebut juga sebagai gambar bergerak, atau dapat dikatakan sebagai serangkaian foto diam pada film, yang diproyeksikan dalam urutan cepat ke layar melalui cahaya.

Film juga menjadi media yang sangat efektif dalam menyampaikan drama dan khususnya dalam membangkitkan emosi. Seni gambar bergerak sangat kompleks, membutuhkan kontribusi dari hampir semua seni lain serta keterampilan teknis yang tak terhitung jumlahnya seperti rekaman suara, dan fotografi.

Muncul di akhir abad ke-19, bentuk seni baru ini menjadi salah satu media yang paling populer dan berpengaruh di abad ke-20 dan seterusnya.

Dalam film juga dikenal adanya auteur, auteur adalah teori pembuatan film di mana sutradara tidak dianggap sebagai sutradara saja, namun juga sebagai "penulis" dan juga sebagai bagian kreatif yang utama pada suatu film.

Teori ini pertama kali ada di Prancis pada akhir tahun 1940an, Andrew Sarris sebagai kritikus film Amerika mengatakan, teori auteur ini merupakan hasil pengembangan dari teori sinematik Andr Bazin dan Alexandre Astruc. Menjadi suatu pondasi dari gerakan sinematik yang berada Prancis dan dikenal sebagai nouvelle vague, atau Gelombang Baru. 

Teori auteur yang menjelaskan bahwa sutradara yang juga berperan sebagai penulis pada prinsipnya dikemukakan di Cahiers du cinma dalam majalah Bazin yang dibentuk pada tahun 1951. 

Teori auteur, sebagian besar diturunkan dari penjelasan Astruc tentang konsep camra-stylo atau disebut pena kamera pen. Ia mengatakan bahwa sutradara, yang mengawasi semua elemen audio dan visual dari film, dapat dikatakan juga sebagai pengarang atau pembuat cerita dalam suatu film dibanding penulis skenario. 

Elemen visual lainnya yang mendasar seperti blokir, pencahayaan, penempatan kamera, dan panjang adegan, dapat lebih difokuskan daripada alur cerita, yang mana itu menyampaikan pesan dari film tersebut. 

Auteur asal Indonesia 

Indonesia juga memiliki banyak sekali auteur yang masing-masing mempunyai ciri khas dalam pembuatan film. Salah satunya adalah Joko Anwar, ia telah menyutradarai banyak film indonesia dan bahkan beberapa sukses tayang diluar negri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan