Mohon tunggu...
JepretPotret
JepretPotret Mohon Tunggu... Menjepret Memotret

perfer et obdura dolor hic tibi proderit olim

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Berbagi, Berbakti, Bersama Membangun Negeri

18 Agustus 2018   11:12 Diperbarui: 18 Agustus 2018   11:26 0 0 0 Mohon Tunggu...
Berbagi, Berbakti, Bersama Membangun Negeri
Foto: Toyota Astra Motor

Semangat tumbuh bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, akan menciptakan manfaat  berkelanjutan yang lebih baik. Potensi yang besar dalam bidang kemaritiman di Indonesia, sudah selayaknya dibutuhkan usaha mencegah kerusakan lingkungan perairan. 

Poros Maritim merupakan visi pemerintah ke depan dalam mengembalikan kejayaan bangsa Indonesia di bidang kelautan. Salah satu simbol keperkasaan dalam mengarungi gelombang samudera adalah Pinisi, yang bagi masyarakat Sulawesi Selatan bukanlah sebatas kapal namun juga sebagai semangat patriotisme. 

"Program Pinisi Bagi Negeri sangat besar manfaatnya bagi lingkungan masyarakat di kota Makassar dan sekitarnya," kata Sapril Akhmady (Yayasan Makassar Skalia) saat Diskusi CSR-Toyota di ajang GIIAS 2018 beberapa waktu lalu. 

Program Pinisi Bagi Negeri merupakan kontribusi Toyota Astra Motor (TAM) dalam konservasi kelautan dan edukasi budaya kemaritiman sejak April 2017. Program ini mencakup penanaman, perawatan, hingga pemantauan kesehatan terumbu karang. Kelak kawasan terumbu karang yang sehat ini akan berperan penting dalam kehidupan ekosistem bawah laut, serta dapat menjadi "Laboratorium Laut" bagi riset bidang kemaritiman. 

Termasuk sebagai segitiga terumbu karang yang merupakan pusat keanekaragaman hayati laut dunia, kondisi terumbu karang di Makassar sudah tak sebaik dibandingkan puluhan tahun lalu. Dari tahap awal penanaman 1.800 fragmen, ditargetkan meningkat hingga 6.000 fragmen terumbu karang. Di area seluas 500 m2 dekat Pulau Samalona, penanaman menggunakan jenis Acropora dengan media Spider Reef Structure. Sejauh ini tingkat keberhasilannya telah mencapai 80%. 

Toyota turut berpartisipasi dalam menghadirkan Kapal Pinisi, yang merupakan kapal tradisional kebanggaan orang Bugis-Makassar. Operasional Kapal Pinisi ini merupakan kolaborasi antara Toyota dan Yayasan Makassar Skalia, dimana Toyota berkomitmen terlibat mendukung kegiatan hingga tiga tahun kedepan. 

Program edukasi kemaritiman dan konservasi lingkungan kelautan akan dikembangkan dari atas Kapal Pinisi, yang akan berlayar ke sekitar Pulau Samalona untuk melakukan penanaman terumbu karang. Media edukasi ini telah melibatkan 150 siswa dan 1.300 masyarakat umum, yang diharapkan dapat menumbuhkan perilaku ramah lingkungan dalam mengenali pentingnya konservasi lingkungan dan budaya kemaritiman.

Foto: Merdeka.com
Foto: Merdeka.com
Di salah sudut kota Bandung Jawa Barat, ada salah lokasi wisata favorit masyarakat terutama anak-anak. Taman seluas 3,5 hektar yang awalnya merupakan markas tentara Belanda dan Kodam Siliwangi, berubah nama menjadi Taman Ade Irma Suryani sejak meletusnya peristiwa 30 September 1965.

Telah mengalami peningkatan pesat pengunjung dari Taman Lalu Lintas. Dari rata-rata harian 3.000 orang, telah menjadi hingga 5.000 orang pada akhir pekan. Ini tak terlepas dari proyek revitalisasi, dimana TAM  mendonasikan dana senilai Rp. 9,2 milyar. 

"Taman Lalu Lintas Bandung memiliki nilai historis. Hingga saat ini menjadi salah satu tujuan wisata dan menjadi favorit anak-anak. Diharapkan program dapat terus berkelanjutan dalam memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat kota Bandung dan sekitarnya," kata Prof. Yul Yunazwin Nazaruddin (Ketua Pembina Taman Lalu Lintas Bandung), dalam kesempatan yang sama sebagai salah satu narasumber diskusi. 

Visi dari revitalisasi ini untuk memberikan edukasi dini bagi anak-anak dalam tata tertib berlalu lintas, baik pembelajaran secara teori maupun praktek di lapangan. Pengembangan ini dilengkapi fasilitas rekreasi keluarga dan ruang terbuka hijau sebagai paru-paru kota. Salah satu titik menarik di Taman Lalu Lintas Bandung yang diresmikan kembali pada April 2017 lalu, dengan bergantungnya sebuah mobil Toyota Innova yang berwarna putih. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x