Mohon tunggu...
JepretPotret
JepretPotret Mohon Tunggu... Menjepret Memotret

perfer et obdura dolor hic tibi proderit olim

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Teknologi Mobil Masa Depan

13 Agustus 2018   16:36 Diperbarui: 13 Agustus 2018   16:51 0 1 0 Mohon Tunggu...
Teknologi Mobil Masa Depan
Toyota Concept i-Ride [Foto:JepretPotret]

Penipisan cadangan sumber daya alam, perubahan iklim, serta potensi hilangnya keanekaragaman hayati, merupakan permasalahan lingkungan hidup saat ini yang akan menjadi tantangan pelik dalam jangka panjang. Sektor industri semakin dituntut untuk menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan dalam menjaga ketersediaan sumber daya alam di masa yang akan datang. 

Perkembangan pesat jumlah kendaraan bermotor di jalan raya, harus diakui ada dampak negatif yang ditimbulkan terutama lingkungan hidup. Kehadiran kendaraan ramah lingkungan, tak pelak merupakan kebutuhan utama dalam mobilitas di masa depan. Ini sejalan dengan rencana era pengembangan kendaraan elektrifikasi, yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. 

Semangat Toyota terlihat nyata untuk secara bertahap melepaskan ketergantungan bahan bakar fosil dari setiap produk otomotifnya. Toyota telah menjadi pionir sejak 1990-an, dengan meluncurkan Toyota Prius sebagai ikon kendaraan ramah lingkungan di pasar global. 

Teknologi terbaru Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang diluncurkan pada 2016, memiliki daya jelajah hingga 68,2 km. Dengan alat charger AC 100 V (6A) yang dilengkapi quick charger, tak dibutuhkan instalasi sirkuit khusus dalam pengisian listrik mobil. 

Sementara Toyota Mirai merupakan mobil konsep di tahun 2011, sebagai kendaraan listrik berbasis bahan bakar hidrogen atau juga dikenal sebagai Full Cell Electric Vehicle (FCEV). Empat tahun kemudian Toyota Mirai telah diproduksi secara komersial, dan dipasarkan di Jepang, Eropa dan AS. 

Toyota Astra Motor (TAM) telah menghadirkan Toyota Prius di Indonesia sejak 2007. Kemudian disusul dengan Toyota Camry Hybrid (2012) dan Toyota Alphard Hybrid (2015). Ini untuk mengantisipasi potensi pasar kendaraan elektrifikasi yang sangat besar di tanah air. 

Dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung 2-12 Agustus lalu, TAM turut mendisplay kendaraan ramah lingkungannya. Selain Toyota Prius PHEV, Toyota Mirai FCEV, serta varian hybrid lainnya, dihadirkan pula jajaran masa depan seperti Toyota C-HR Hybrid dan Toyota Concept-i Series. 

Kendaraan Toyota Concept-i Series ini tak hanya sekedar sebagai sarana transportasi saja, namun juga akan dapat memberikan kebebasan dan kegembiraan bagi pemiliknya. Penasaran!


Toyota i-Walk merupakan kendaraan perseorangan, yang dirancang dapat menjelajah dalam rentang kisaran 10-20 km. Memiliki kemiripan dengan segway, namun lebih kompak dan mudah dikendarai. 

Dirancang untuk dapat digunakan di area pejalan kaki, i-Walk telah dibekali berbagai fitur keselamatan dan keamanan. Misalnya i-Walk dapat aktif memberikan peringatan dini bila ada obyek yang dapat membahayakan laju kendaraan, sehingga pengendara dapat berusaha menghindarinya terlebih dahulu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x