Mohon tunggu...
Jason Andrew
Jason Andrew Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Have a nice day!

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Apakah Pemimpin Harus Mempunyai Visi?

12 Agustus 2021   17:40 Diperbarui: 12 Agustus 2021   17:43 106 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apakah Pemimpin Harus Mempunyai Visi?
Leader Vision Illustration | wordpress.com

Kepemimpinan sangat penting untuk keberhasilan setiap organisasi, bisnis atau tim. Seorang pemimpin harus memiliki visi, tujuan, dan rencana yang dibuat dengan baik, yang didefinisikan dengan jelas dalam pernyataan visi kepemimpinan-nya. 

Hal ini dapat membantu seorang pemimpin memprioritaskan tujuan nya dan menjaga tugas mereka tetap pada jalurnya. Di artikel kali ini, kita akan menjabarkan apakah sebenarnya yang dimaksud dengan visi, dan mengapa visi menjadi sangat penting didalam sebuah kepemimpinan? Simak selengkapnya di bawah!

Good business leaders create a vision, articulate the vision, passionately own the vision, and relentlessly drive it to completion. -Jack Welch

Saat kita melihat kata "visi", apa kata yang biasanya muncul di otak kita? Mungkin terpikir sebuah pandangan, sebuah pengelihatan, dimana biasanya terarah kedepan. Namun sebenarnya apakah arti sebuah visi di sebuah kepemimpinan itu sendiri?

Vision

Menurut seorang penulis, Richard L. Daft pada bukunya yang berjudul "The Leadership Experience", sebuah visi adalah pandangan ambisius tentang masa depan yang dapat dipercaya oleh semua orang yang terlibat, yang secara realistis dapat dicapai, namun menawarkan masa depan yang lebih baik dalam hal-hal penting daripada apa yang ada sekarang.

Biasanya visi yang kuat dan menginspirasi pada umumnya digambarkan juga dengan kinerja organisasi yang lebih tinggi dan lebih baik serta motivasi dan kepuasan karyawan yang lebih besar lagi. Ada 1 hal yang perlu diingat bahwa tidak menutup kemungkinan untuk sebuah visi dapat berubah karena pasti suatu perusahaan akan berkembang sehingga hal ini berefek ke visi yang lebih besar lagi. 

Berbeda dengan misi yang biasanya tetap sama walaupun ada perubahan jaman, perubahan teknologi, maupun perubahan lingkungan. Mengapa? Karena dengan adanya misi, tujuannya adalah sebagai "perekat" yang menyatukan sebuah tim atau organisasi saat terjadi perubahan. Sekarang sudah jelas kan? Apa bedanya visi dan misi itu sendiri, dan mengapa visi bisa berubah namun misi tidak?

Leader Set Target Illustration | corebusiness.com.au
Leader Set Target Illustration | corebusiness.com.au

Apakah Visi Berguna?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan