Mohon tunggu...
jasmine fadhilah
jasmine fadhilah Mohon Tunggu... Sekretaris - Karyawan Swasta Perusahaan Telekomunikasi

YOLO

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kewirausahaan: Penerapan Strategi Bisnis pada UMKM Kopi Merapi

12 April 2023   00:08 Diperbarui: 12 April 2023   00:09 685
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Elemen dasar BMC (Dokpri)

Nama Dosen Pengampu Mata Kuliah : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Nama Mahasiswa :Jasmine Fadhilah Rizal

Nim : 4319110099

Kampus : Universitas Mercu Buana

Bisnis atau Usaha bisnis saat ini bukan hal lain untuk daerah setempat dan umumnya tidak salah menilai. Kompleksitas, persaingan, perubahan, dan ketidakpastian semakin mempengaruhi bisnis di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis di Indonesia sangat berkembang dan menciptakan persaingan yang tajam antar organisasi, memaksa organisasi untuk lebih fokus pada iklim umum.

Bisnis atau kewirausahaan adalah organisasi yang menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam ekonomi kapitalis, sebagian besar bisnis dimiliki oleh pihak swasta. Bisnis diciptakan atau dibentuk untuk menghasilkan uang dan membuat pemiliknya lebih kaya. Kewirausahaan sosial juga dapat muncul dari bisnis atau kewirausahaan.

Istilah "kewirausahaan sosial", yang mengacu pada komunitas, dan "kewirausahaan", yang mengacu pada bisnis, digabungkan untuk membentuk "kewirausahaan sosial". Sesuai (Susantiningrum et al., 2020) merangkum makna Bisnis Sosial secara lebih mendalam, khususnya sebagai produksi nilai sosial yang dibentuk dengan bekerja sama dengan orang lain atau asosiasi daerah lokal yang terdapat dalam pembangunan sosial yang pada umumnya menunjukkan tindakan keuangan.

Peluang dan ancaman yang dihadapi bisnis sangat besar di era Industri 4.0 yang mengalami ekspansi pesat. Rencana tindakan dan promosi memainkan peran penting dalam mengatur strategi bisnis, rencana tindakan adalah pemahaman organisasi untuk membuat, menyampaikan dan memberikan kendali atas nilai dalam organisasi dan bagaimana uang dapat diproduksi di dalamnya singkatnya rencana tindakan adalah sarana yang mengatur diselesaikan. lari untuk uang. Menurut  Harfandi & Sonita, (2020), pemasaran itu sendiri adalah logika dimana unit bisnis dapat memenuhi tujuan pasar, yang artinya produk dapat memuaskan kebutuhan pelanggan.

Analisis Business Model Canvas (BMC) atau SWOT, sebaliknya, dapat secara bersamaan memaksimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelemahan dan ancaman dari faktor internal dan eksternal, sehingga nantinya dapat memberikan strategi yang tepat untuk mengembangkan dan memperluas pasar (Destyantara, 2022) selain memberikan panduan bagi perusahaan agar lebih fokus. Analisis Business Model Canvas (BMC) atau SWOT dapat digunakan sebagai pembanding pemikiran dari berbagai sudut pandang, baik dari sisi kekuatan dan kelemahan maupun peluang dan ancaman.

Metode Business Model Canvas digunakan untuk memeriksa elemen fundamental atau aspek bisnis dari bisnis untuk menentukan apakah sudah terpenuhi atau masih perlu perbaikan, sedangkan SWOT digunakan. Kendala yang ada pada UMKM adalah ide fundamental atau elemen dasar ide bisnis dalam pengoperasian bisnis yang relatif baru ini. Dari kedua analisis tersebut dapat ditentukan strategi bisnis yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman faktor internal dan eksternal UMKM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun