Mohon tunggu...
Jansen Thionardo
Jansen Thionardo Mohon Tunggu... Sequence

Penyuka KPOP; terutama BlackPink, Twice, Red Velvet, Itzy, Gfriend, IZ*One, dan Secret Number (mungkin ada beberapa lagi). "MASIH AMATIRAN"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Aufklarung: Enlightenment di Eropa

8 Februari 2020   11:38 Diperbarui: 24 Januari 2021   14:45 8442 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aufklarung: Enlightenment di Eropa
Sumber: https://stock.adobe.com/images/aufklarung/28260735

A. AUFKLARUNG

Aufklarung berasal dari bahasa Jerman yang berarti pencerahan. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan Enlightenment.

B. LATAR BELAKANG MUNCULNYA AUFKLARUNG

Pada abad pertengahan di Eropa terjadi perdebatan sengit antara rasio dan iman. Rakyat dipaksa mengikuti dogma -- dogma yang dikeluarkan gereja.

Pada abad ke 18 sebagai kelanjutan dari gerakan renaissance di Eropa, maka berbagai ilmu pengetahuan berkembang pesat. Sementara itu, perkembangan ilmu filsafat sebagai induk dari semua ilmu pengetahuan tersendat -- sendat. Diperlukan upaya agar filsafat dapat berkembang sejajar dengan ilmu pengetahuan alam. Oleh karena itu, pada abad ke 18 ini, muncul gerakan baru dalam ilmu filsafat yang dikenal dengan sebutan Aufklarung.

C. TOKOH - TOKOH AUFKLARUNG

1.   JERMAN

Tokoh yang paling berpengaruh dalam periode aufklarung di Jerman adalah Immanuel KantMenurut Immanuel Kant, sebelum munculnya gerakan aufklarung, manusia telah melakukan kesalahan dengan tidak mau memanfaatkan akalnya sendiri sehingga selama ini manusia belum dewasa dalam pemikirannya. Sehingga dengan gerakan aufklarung dimaksudkan agar manusia keluar dari keadaan belum dewasa atau belum akil balig (Ummundigkeit).

2. INGGRIS

Tokoh yang berpengaruh dalam Periode Aufklarung di Inggris adalah Edward Herbert. Menurutnya, akal memiliki otonomi mutlak di setiap aliran agama. Atas dasar tersebut, ia menentang segala kepercayaan yang didasarkan pada dogma. Berbekal ajaran Edward Herbert, masyarakat Inggris mulai menjalankan ajaran agama berdasarkan akal dan kebeneran.

3. PERANCIS

Tokoh yang mengambarkan aufklarung di Perancis adalah Jean Jacques Rousseau dan Voltaire.

Menurut Voltaire, zaman ini (aufklarung) disebut sebagai zaman akal. Zaman perwalian pemikiran manusia dianggap sudah berakhir, manusia merdeka dari segala kuasa dari luar dirinya. Oleh karena itu, semboyan gerakan ini adalah Sapere Aude artinya "berani berpikir sendiri". Sedangkan, J. J. Rousseau menyarankan agar pembaruan dan pencerahan tidak hanya diterapkan dalam kehidupan beragama saja, tetapi juga pada ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

D. PERKEMBANGAN AUFKLARUNG DI EROPA

Benih -- benih gerakan "pencerahan" berawal dari Inggris. Hal ini disebabkan menjelang akhir abad ke -- 17 di Inggris sudah berkembang suatu tata negara yang liberal, sehingga memberikan kebebasan bagi para ahli pikir untuk mengembangkan gagasannya. Gerakan ini kemudian dibawa dari Inggris ke Perancis, lalu kemudian menyebar ke seluruh Eropa. 

Di Perancis gerakan ini beriringan dengan dinamika kemasyarakatan, kenegaraan dan kegerejaan pada waktu itu. Sehingga sering terjadi pertentangan antara para filsafat dengan kaum gereja maupun kaum aristokrat.

Pencerahan (Aufklarung) berkembang luas di Jerman. Di Jerman gerakan pencerahan berjalan dengan lebih tenang serasi, sehingga tidak terjadi pertentangan yang berarti antara gereja dan masyarakat.

E. PERKEMBANGAN AUFKLARUNG DI DUNIA

Aufklarung melahirkan banyak pemikiran baru. Pada masa ini orang tertarik mempelajari ilmu pengetahuan dan filsafat. Kemajuan ilmu pengetahuan ditandai dengan sebuah penemuan yang dianggap penting pada masa itu. Contohnya adalah teori gravitasi yang diungkapkan Sir Issac Newton (1642 -- 1727).

Penemuan dan dasar -- dasar fisika klasik Issac Newton (1687) ditulis dalam bukunya yang berjudul Philosophiae naturalis principia mathematic (Ilmu pengetahuan alam berdasarkan prinsip matematika).

Selain Newton, pemikiran John Locke juga mendominasi filsafat pada abad ke 18. Eropa sembuh dari kekalutan selama dua abad sebelumnya, sehingga pada awal abad ke 18 Eropa pada masa gemilang. Pada masa ini pula dilakukan usaha untuk mengumpulkan segala bentuk ilmu pengetahuan secara sistematis dalam bentuk Ensiklopedi. Ensiklopedi yang terbit pertama kali adalah Encyclopedia Britanica.

F. KESIMPULAN

Aufklarung merupakan kelanjutan dari masa Renaissance. Jika Renaissance dipandang sebagai peremajaan pikiran, maka Aufklarung dianggap sebagai masa pendewasaan pemikiran manusia.

Sebagai akibat dari perkembangan filsafat dari zaman Renaissance maka muncul 2 aliran filsafat yaitu "rasionalisme" (akal budi sebagai sumber utama pengetahuan) dan "empirisme" (pengalaman nyata).

Para tokoh Aufklarung juga merancang program-program khusus untuk menentang dogma-dogma gereja dan takhayul-takhayul serta mengajak manusia untuk kembali kepada fakta-fakta ilmu pengetahuan dan metode-metode rasional.

G. SUMBER

1. Hermawan dkk. 2017. Sejarah 2 Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Yudhistira.

2. Darini, Ririn dkk. 2016. Buku Siswa Sejarah untuk SMA/MA Kelas XI. Klaten: PT Cempaka Putih 


#jansenthio #dirumahaja #covid19 #covid-19 #sejarah #kompasiana #blog #aufklarung #pencerahan #sejarahdieropa #eropa #renaissance #enlightenment #karantina #humaniora #edukasi #empirisme #gabut #

VIDEO PILIHAN