Mohon tunggu...
Ahmad J Yusri
Ahmad J Yusri Mohon Tunggu... Pelajar , Pecinta Sastra dan Budaya

Mahasiswa Fisika tahap pemula , . Senang berbahasa Arab juga Inggris walau tak seberapa , gemar berbagi pengalaman juga ilmu . Salam kenal

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Menjadi Seorang Azhari (part 2)

5 Agustus 2020   15:13 Diperbarui: 5 Agustus 2020   15:16 75 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Seorang Azhari (part 2)
Ilustrasi tes seleksi ( sumber :tribunnews)

"Kalau kalian bacanya seperti ini , lebih  baik kalian ikut tes tahun depan lagi !!!!!"  

Meskipun tak direstui , Irfan tetap mencoba ikut tes , setidaknya ia ingin mencari pengalaman dan pernah berjuang .

Mendekati hari seleksi  , segenap peristiwa dan kejadian dilalui dengan sabar .Hafalannya terus ia jaga dan ulangi . Sampailah ia di bulan april  dimana pendaftaran ke timur tengah telah dibuka . Ustad Muzammil selaku koordinator mengumpulkan santri-santri yang ingin mendaftar tes.

Ada 15 santri yang ikut serta , sebagian mereka ada yang memilih Maroko sebagai tujuannya , sisanya adalah Mesir . Mereka diberi berkas tes seleksi tahun lalu , dengan itu mereka berlatih mengerjakan soal-soal yang lumayan rumit . Beruntung ada Ustad Arsilan yang membantu , kebetulan ia pandai dalam ilmu nahwu dan shorof semacam grammatical dalam bahasa Arab .

Berhari-hari mereka membedah satu persatu soal  .Dalam hal ini Irfan sangatlah rajin ,bahkan ditengah malam soal-soal tersebut tak luput ia kerjakan sembari tahajjud dan mengulang hafalan. Dia juga sering berdiskusi dengan teman-temannya.

" Besok ajarin lagi ya fan " Tukas Rizal , salah satu temannya yang mendaftar di Maroko

" Oke zal , jangan lupa hafalannya "Balasnya.

Akhir-akhir ini ia sering termenung dalam belajar. Ucapan ibunya terus mengiang-ngiang dikepala . Ia dilema, manakah  yang harus dituruti  antara kemauannya dan kemauan orangtua . Tentu orang tualah yang ia pilih karena bagaimanapun ridhonya Allah adalah ridhonya orangtua .

 Dua hari sebelum tes Irfan kembali dipanggil oleh Ustad Muzammil .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x