Mohon tunggu...
James P Pardede
James P Pardede Mohon Tunggu... Freelancer

Menulis itu sangat menyenangkan...dengan menulis ada banyak hal yang bisa kita bagikan.Mulai dari masalah sosial, pendidikan dan masalah lainnya yang bisa memberi pencerahan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Nikmatnya Mandi Air Panas di Goa Ergendang Deli Serdang

3 April 2021   14:59 Diperbarui: 4 April 2021   15:25 533 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nikmatnya Mandi Air Panas di Goa Ergendang Deli Serdang
Kolam air panas di Gia Ergendang Deli Serdang - Foto : James P Pardede

Mau mandi air panas atau air belerang, di Sumatera Utara banyak tempatnya. Tempat-tempat yang sudah biasa dikunjungi wisatawan adalah Sipoholon Tapanuli Utara, ada juga tempat pemandian air soda di Desa Parbubu, Tapanuli Utara, Lau Sidebuk-debuk-Karo, pemandian air panas di Sosopan, Sipirok dan tempat-tempat pemandian lainnya.

Yang tak kalah menariknya adalah kawasan wisata yang belum dikelola dengan maksimal dan pemiliknya pun kebanyakan perorangan. 

Dari beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Deli Serdang, salah satu yang kami kunjungi adalah Goa Ergendang yang ada di Penungkiren, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Setelah mengikuti sebuah kegiatan di Kecamatan Biru-Biru, Deli Serdang, salah seorang teman mereferendikan untuk mengunjungi kawasan wisata Goa Ergendang.

Perjalanan ke kawasan wisata ini lumayan memanjakan mata, karena selama perjalanan kita bisa menikmati kawasan hutan, tanaman dan danau buatan atau kolam pancing yang luas. Jarak dari Medan ke lokasi wisata ini sekitar 40 kilometer dan sangat cocok untuk mengisi liburan bersama teman dan keluarga.

Begitu sampai di lokasi wisata ini, kami membayar tiket masuk Rp 13 ribu per orang dan langsung menyusuri jalan menuju gua tempat pemandian air panas. Kolam buatan pemandian air panas tersebut berada di dalam goa yang menambah kesan eksotis lokasi wisata ini.

Teman-teman yang ikut dalam kegiatan di Biru-Biru langsung ganti pakaian dan menikmati hangatnya air kolam di dalam gua. Selain kolam di dalam gua, ada juga kolam renang terbuka dan masih berada di lokasi wisata ini.

Salah seorang pengunjung yang dengan gembiranya merasakan bagaimana air pancuran menerpa pundak dan pinggangnya, sensasinya seperti dipijat dan membuat darah didalam tubuh terasa mengalir lancar.

"Baru kali ini saya mengunjungi Goa Ergendang, ternyata kolamnya ada banyak, airnya tak terlalu panas, dan bau belerangnya juga tidak begitu menyengat. Di lain kesempatan, saya akan datang lagi bersama keluarga untuk menikmati hangatnya air kolan Goa Ergendang," kata Dina Silalahi.

Menurut salah seorang penjual makanan dan minuman di kawasan wisata ini, Goa Ergendang ini dibuka pada 2016. Dan aktif dikelola pada 2017 hingga saat ini. Dan, dimasa pandemi Covid-19 sempat tutup untuk umum, kemudian dibuka kembali dengan peraturan protokol kesehatan yang ketat.

Saat duduk santai menikmati gua yang eksotis, ada hal yang menakjubkan di kawasan wisata ini. Dimana di dalam gua ini terjadi yang namanya batuan stalagmit dan stalaktit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN