Mohon tunggu...
Jamaludin
Jamaludin Mohon Tunggu... Dosen - Guru dan Dosen

Seorang guru dan dosen, lahir di Bah Jambi, 11 Januari 1973 memiliki latar belakang keilmuan teknik informatika, alumni Magister Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara. Aktif mengajar di SMK Telkom Medan dan Politeknik Ganesha Medan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menumbuhkan Sikap Kebersamaan, Siswa Tapak Suci Tanah Tinggi Medan Kumpul Bareng Menikmati Daging Qurban

10 Juli 2022   22:05 Diperbarui: 10 Juli 2022   23:22 138 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi memanggang daging qurban (Dokpri)

Pelaksanaan Idul Adha di Indonesia tahun ini ada perbedaan, ada yang melaksanakan di hari Sabtu tanggal 09 Juli 2022 seperti mayoritas warga Muhammadiyah sesuai keputusan tarjih Muhammadiyah,  sebagian lagi merayakannya di hari Ahad tanggal 10 Juli 2022 sesuai keputusan pemerintah dan diikuti sebagian besar warga NU, perbedaan ini kita jadikan sebagai khazanah ummat   yang masing-masing  mengerjakan di atas dalil yang syar'i,  saling memahami dan mengedepankan husnuzhan dalam rangka  persatuan ummat.

Tak terkecuali pelaksanaan Sholat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban di  Masjid Taqwa Muhammadiyah Tanah Tinggi Medan yang dilaksanakan di  hari Sabtu tanggal 09 Juli 2022. 

Setelah shalat Idul Adha, pelaksanaan pemotongan hewan qurban sebanyak 9 ekor lembu berjalan lancar dan selesai pukul 15.15 wib, kemudian daging qurban siap dibagikan kepada warga sekitar Masjid Taqwa Tanah Tinggi Medan, hingga menjelang maghrib semua kegiatan pemotong dan pembagian daging hewan qurban selesai dan lokasi kembali bersih seperti semula.

***

Ada yang berbeda pelaksanaan qurban di  Masjid Taqwa Tanah Tinggi Medan tahun ini,  bahwa siswa-siswa Tapak Suci dilibatkan dalam keamanan saat pelaksanaan pemotongan hewan qurban. 

Biasaannya antusias masyarakat khususnya anak-anak yang ingin melihat langsung pemotongan hewan qurban begitu tinggi, tentu ini akan menimbulkan masalah apabila tidak ditangani, maka melalui pengawas panitia qurban yang juga sebagai Pembina Tapak Suci Tanah Tinggi Medan Bapak Syahrul Bahri  Ritonga, S.H., M.H  berkoordinasi dengan ketua pengurus Tapak Suci Tanah Tinggi Medan Bapak Jamaludin,M.Kom.,CBPA  untuk melibatkan team siswa tapak suci dalam pengamanan kegiatan tersebut.

Sebagaiman diketahui bahwa di usia yang baru 9 bulan berjalan,  kegiatan Tapak Suci Tanah Tinggi Medan  sudah banyak dilaksanakan, mulai dari pelaksanaan kegiatan rutin mingguan setiap hari Ahad, program renang bersama sekali sebulan, bahkan panitia sudah mengutus 4 orang siswa mengikuti UKT (Ujian Kenaikan Tingkat), terakhir mengadakan outbound dan tadabbur alam di Yayasan di Islamic Center Yayasan Mulia Rahman Insani (YMRI) Sidebuk-Debuk, tanggal 3 Juli 2022 beberapa hari yang lalu.

Ilustrasi : Kegiatan outbound & tadabbur alam (dokpri)
Ilustrasi : Kegiatan outbound & tadabbur alam (dokpri)

Melibatakan siswa-siswa tapak suci pada kegiatan pemotongan hewan qurban, merupakan pengalaman yang pertama sekali dialami mereka dan mereka bisa bertanggung jawab dalam mengemban amanah yang diberikan panitia. Alhamdulillah berkat kesigapan beberapa siswa Tapak Suci Tanah Tinggi Medan, keamanan saat di lokasi pemotongan dan pengamanan kendaraan panitia qurban di sekitar lokasi bisa tertangani dengan baik. 

Karena jasa pengamanan dari siswa tapak suci, kemudian panitia qurban memberikan daging qurban kepada mereka. Setelah itu mereka bersepakat untuk membakarnya secara bersama-sama pada  sore hari hingga malamnya. Walau usia siswa Tapak Suci  masih anak-anak dan remaja mereka bisa saling bekerja sama dan sama-sama menikmati hasil jerih payah mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan