Mohon tunggu...
JAMALUDDIN
JAMALUDDIN Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi-Social-Preneur

Let's do today and our future

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Meneladani Kiprah Prof. Azyumardi Azra

20 September 2022   14:01 Diperbarui: 20 September 2022   14:10 151 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Direktori Staff UIN-Jakarta

Kabar Duka menyelimuti tanah air, Minggu 18 September 2022 Prof.Dr. Azyumardi Azra menghembuskan nafas terakhirnya di RS. Serdang Selangor Malaysia akibat serangan Jantung. Kepergian Prof. Azumardi Azra menjadi kabar Duka yang mendalam, sosok yang menjadi panutan kita semua terutama dibidang pendidikan tinggi.

Kiprah beliau dibidang pendidikan menyumbang pada terobosan terobosan penting yang sampai sekarang dirasakan oleh kita semua diantaranya yang penulis rasakan pernah menjadi peserta pada kuliah Umum untuk  pembekalan Dosen saat itu pada Oktober 2015 dalam Tema "Karakteristik Dosen Masa Depan".  Dalam kuliah umumnya, selain pentingnya  membentuk karakter dosen masa depan beliau menyampaikan tema khusus yakni "Membangun Universitas Pamulang Menuju University Of Excellence".

Dalam Penyampaiannya penulis, mencatat ada beberapa Indikator yang perlu disiapkan oleh lembaga Perguruan Tinggi  untuk mencapai University Of Excellence. pertama, Universitas harus memperluas apresiasi Publik atas kinerja Universitas, Kedua Peran  Universitas untuk meningkatkan pemahaman dalam dunia Kerja dan pasar, ketiga Universitas harus Menjaga eksistensi sebagai lembaga keilmuan lebih efektif dalam transfer keilmuan dan keterampilan, keempat Universitas harus Mampu mengintegrasikan penilaian Perencanaan dan peningkatan, kelima Universitas Mampu memperkuat dan memperluas Komitmen kerjsamaa dengan pihak eskternal , keenam Universitas mengakui bahwa setiap orang dalam lingkungan Universitas adalah guru bagi yang lainnya, ketujuh memiliki kepemimpinan yang kuat dan yang terakhir Universitas mempunyai kerangka visi keunggulan secara luas. itulah yang saya rasakan dan ingat ketika sang Cendekiawan menyampaikan  materi kuliah umumnya. 

Prof. Azyumardi yang merupakan Mantan Rektor Universitas Islam Negeri  Syarief Hidayatullah Jakarta selama 2 periode, periode pertama 1998-2002 dan periode Kedua yakni tahun 2002-2006. Setelah menyelesaikan  amanah sebagai Rektor UIN Jakarta Beliau diangkat menjadi Direktur Sekolah  Pasca Sarjana UIN Jakarta periode 2006-2015.  

Selanjutnya penulis juga mengamati Kiprah Beliau di bidang Pers, pada bulan Mei 2022  Prof Azra sapaan akrab beliau terpilih sebagai Ketua Dewan Pers Indonesia periode 2022-2025 dari unsur tokoh masyakarat Artinya kiprah beliau sangat diperlukan didunia pers. Dewan pers berfungsi sebagai lembaga independen yang mengembangkan dan melindungi kehidupan pers diindonesia, penyajian dan  penyebaran informasi yang dapat dipertanggung jawabkan.

kiprah lainnya kepedulian dalam sains Islam ini dituangkan beliau dengan menulis Banyak  buku diantaranya buku Yang berjudul jaringan ulama terbit tahun 1994. dan yang terbaru menarik untuk dibaca adalah Buku  Indonesia Bertahan (Mendirikan negara hingga  merayakan Demokrasi) terbit di tahun 2020. masih Banyak lagi karya karya Prof. Azra yang didedikasikan untuk kita. Flashback tahun 2010 ketika Prof. Azra mendapatkan gelar kehormatan "Commander Of the Peser  Of British Empire"  sebuah julukan dari Ratu Elisabet II kerjaaan Inggris yang merupakan satu-satunya orang Indonesia mendapatkan Julukan "Sir". Sehingga Wajar  Prof. Azra diberikan Penghargaan Sang Cendikiawan Muslim.

(Jamaluddin)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan