Robert Setiadji
Robert Setiadji Konsultan Asuransi

Konsultan Perlindungan Keuangan dan Agen Asuransi Bersertifikat Lisensi AAUI dan AAJI. Email : setiadjirobert@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Asuransi Personal Accident "Tanpa Nama Peserta" Sangat Untungkan Perusahaan

9 April 2018   08:53 Diperbarui: 15 April 2018   07:11 366 0 0
Asuransi Personal Accident "Tanpa Nama Peserta" Sangat Untungkan Perusahaan
photogrid-1523585571122-5ad2989416835f43072dd275.jpg


Asuransi Kecelakaan Diri ( Personal Acciedent ) Tanpa Nama Peserta, Sangat Untungkan Institusi/Lembaga seperti Perusahaan, Yayasan, Sekolah, Pabrik dan lain-lainnya.

Tulisan ini dibuat bukan promosi iklan karena tidak menyebutkan nama brand product maupun nama perusahaan asuransi penerbitnya dan bermaksud baik untuk berbagi sharing info jalan keluarnya bila pembaca mempunyai permasalahan yang sama.

Beberapa tahun yang lalu saya mempunyai pengalaman menyenangkan tapi membuat jengkel juga kesal. Karena saya senang berhasil menjual Asuransi Kecelakaan Diri atau Personal Acciedent pada sebuah Pabrik dengan Jumlah Peserta sebanyak 3.000 orang, tapi yang membuat kesal dan merepotkan adalah Perusahaan Asuransi menerbitkan Polis dengan nama peserta dan setiap 1 peserta dapat 1 polis asuransi. Bisa dibayangkan berapa banyak kertas yang diperlukan untuk seluruh peserta bisa mencapai 6.000 lembar kertas HVS ukuran A4 atau sebanyak 12 Rim Kertas HVS. Sungguh sangat merepotkan ketika saya harus serahkan kepada customer tersebut, karena saya seperti pedagang kertas bekas dimana mobil saya jadi penuh dengan kertas.

Tidak hanya saya yang kerepotan dan para karyawan asuransi tersebut juga  sampai heboh turun tangan semua membantu bagian penerbit polis dengan mulai input data satu persatu kemudian print kertas selanjutnya di bundel, coba berapa lama waktu yang dibutuhkan ? Satu minggu ...konsentrasi untuk customer pabrik saja.

Kemudian ada perusahaan asuransi lainnya yang tawarkan dengan terbitkan 1 polis saja dengan lampiran list daftar peserta, memang suatu penawaran yang baik membuat saya tidak repot lagi, namun penawaran tersebut tidak merubah dan tidak memberikan keuntungan dan manfaat baru bagi customer.

Sampai pada suatu hari saya menerima undangan dari sebuah asuransi yang meluncurkan produk baru yaitu manfaat baru sistem pencatatan tanpa nama peserta pada polis kumpulan atau group atau perusahaan.

Nah ini yang saya cari-cari selama ini dan akan sangat menguntungkan saya dan customer-customer saya tentunya.

Keuntungan dari Manfaat dan Memanfaatkan Pencatatan Polis PA Tanpa Nama Peserta.

Jadi perlu digaris bawahi yaitu ada 2 Keuntungan yaitu Manfaat dan Memanfaatkan.

Keuntungan dari Manfaat Tanpa Nama Peserta

Tentu kita bahas yang pertama yaitu Keuntungan dari Manfaat yang pertama atau 1. Praktis tidak merepotkan tidak perlu banyak kertas sehingga mudah dibawa-bawa dan mudah disimpan. Ke 2. Tidak perlu endorsement perihal jumlah peserta dan nama peserta perihal pergantian karyawan yang keluar masuk sebagai pekerja serta pergantian maupun penambahan murid baru di sekolah. Yang ke 3 tentunya bagian HRD perusahaan menjadi ringan tugasnya sehingga dapat mengerjakan tugas lain untuk pengembangan perusahaan customer.

Keuntungan dari "Memanfaatkan" Tanpa Nama Peserta

Kondisi ini juga saya belajar dari seorang pengusaha pabrik dan tentunya cerdas dan dapat dimaklumi pemikiran pengusaha selalu "out of the box" . Begini cara dia bisa "memanfaatkan" yaitu : 1. Jumlah karyawan sebanyak 3.000 orang tetapi yang dicantumkan 1.000 orang, dengan pertimbangan kegiatan operasional pabrik 3 shift sehingga 1 shift terdapat 1.000 pekerja saja, Bila sampai terjadi resiko maksimal misalnya pabrik meledak dan semua pekerja jadi korban dan tentunya maksimal 1.000 pekerja saja yang bekerja pada shift yang terjadi musibah, sehingga yang dicantumkan sebagai peserta hanya 1.000 orang saja.

2. Keuntungan kedua atau 2 dari "memanfaatkan" yaitu dari Premi yang dibayar yang harusnya bayar Premi 3.000 orang tetapi bisa lakukan effisiensi pengiritan bayar hanya 1.000 orang saja, Tanpa mengurangi manfaat claim dan semua karyawan 3.000 orang tersebut tetap bisa claim semua, karena "Tanpa Nama Peserta" jadi semua bisa claim dengan hak memperoleh manfaat yang sama.

3. Keuntungan ketiga atau 3 dari "memanfaatkan" tersebut tentunya dari bagian Keuangan atau Financial karena bukan hanya irit tetapi bahkan "Keuntungan Tunai" atau irit bila biaya premi yang tanggung adalah perusahaan namun bisa untung tunai bila Premi ditanggung peserta atau dipotong dari gaji karyawan pabrik atau ditanggung oleh orang tua murid bila institusi tersebut adalah Sekolah.

Coba kita berhitung berapa keuntungan tunai yang diperoleh bila Biaya Premi perorang Rp 100.000,- x 2.000 orang = Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) pertahun ada pemasukan tambahan dari hasil "Memanfaatkan Pencatatan Polis PA Tanpa Nama Peserta".

Penutup dan Saran

Perihal Manfaat dan Memanfaatkan tersebut diatas adalah sah-sah saja, karena resiko tersebut yang menderita adalah customer sendiri dan tentu perusahaan asuransi yang menerbitkan sistem pencatatan tersebut sudah memperhitungkan jumlah maksimal atau agregat claim atau pengajuan claim secara bersamaan tentu ada limit batasannya.

Dan juga tentu ada evaluasi dari claim ratio sehingga akan diadakan penyesuaian loading penambahan atau kenaikan Premi bila dilakukan perpanjangan polis nantinya.

Jadi bila anda ingin jaminan asuransi kecelakaan diri atau personal accidient seperti tersebut diatas , carilah agen asuransi langganan anda atau bisa konsultasikan dengan saya.

Terimakasih dan Salam hormat,

Penulis : Robert Setiadji