A.KEDUDUKAN KESULITAN PELAJAR DALAM BELAJAR
Dalam sebuah lingkungan sekolah terdapat berbagai macam latar budaya,sifat dan karakter dari setiap individu-individu yang berada di dalamnya . mulai dari para guru-guru, siswa-siswi dan orang tua/wali siswa.kesulitan belajar yang di alami individua tau siswa yang belajar dapat diidentifikasi melalui factor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar.
Factor-faktor kesulitan belajar yang berasal dari dalam diri siswa sangat terkait dengan kondisi-kondisi fisiologis dan psikologisnya ketika belajar sedangkan factor-faktor kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa banyak yang bersumber pada kurangnya fasilitas, sebagai salah satu factor penunjang keberhasilaan aktivitas atau perbuatan belajar.
Ketidakberhasilan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai suatu ketuntasan materi tidak dapat di lihat hanya pada satu factor saja, akan tetapi banyak factor yang terlibat dalam mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. Factor yang dapat di persoalkan adalah: siswa yang belajar, jenis kesulitan yang di hadapi dan kegiatan-kegiatan dalam proses belajar. Jadi, yang terpenting dalam kegiatan proses diagnosis kesulitan belajar adalah menemukan letak kesulitan belajar dan jenis kesulitan belajar yang di hadapi siswa agar pengajaran perbaikan yang di laksanakn secara efektif dan efisien.
KESIMPULAN
Pada umumnya,kesulitan belajar merupakan suatu kondisi tertentu yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan dalam kegiatan mencapai tujuan,sehingga memerlukan usaha yang lebih keras untuk dapat mengatasinya . dapat dikatakan bahwa siswa yang mengalami kesulitan belajar akan mengalami hambatan dalam proses mencapai hasil belajarnya, sehingga prestasi yang di capainya berada di bawah yang semestinya.