Mohon tunggu...
Yakobus Mite
Yakobus Mite Mohon Tunggu... Perubahan itu Kekal

Pemerhati Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan Merupakan Hal Penting dalam Mendukung Pembangunan

18 Januari 2020   11:28 Diperbarui: 18 Januari 2020   12:58 40 0 0 Mohon Tunggu...
Pendidikan Merupakan Hal Penting dalam Mendukung Pembangunan
Foto Vinsensius Milo pada Rakor Pendidikan tingkat Provinsi NTT di Kupang (Dok. Jack Mite)

Kebijakan pembangunan pendidikan di Kabupaten Ngada tentu tidak boleh terlepas dari kebijakan pembangunan Nasional dan Provinsi.

Format pembangunan pendidikan di Kabupaten mengarah kepada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) secara holistik dan bertahap, ungkap Drs. Vinsensius Milo, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada.

Dalam konteks rencana  strategi tentu pembangunan pendidikan di kabupaten Ngada didasarkan pada Visi dan Misi Bupati terpilih periode 2016-2021. Visinya adalah "Terwujudnya Masyarakat Ngada Dengan Taraf Hidup Yang Berkualitas, Mandiri, Berbudaya, Unggul, Dan Sejahtera Berlandaskan Etos Kerja Yang Tinggi Dan Pembangunan Berkelanjutan"  dan Misi ke 4 adalah "Mendorong Pengembangan Kualitas Pendidikan Masyarakat Dan Sumberdaya Manusia Yang Cerdas, Trampil, Kreatif, Inovatif, Produktif Serta Memiliki Budi Pekerti Dan Etos Kerja Yang Tinggi"

Penjabaran dan eksekusinya ada pada perangkat teknis yaitu Dinas Pendidikan yang dituangkan dalam Renstra dan Renja Dinas Pendidikan. Program strategis dalam mendorong pembangunan di Kabupaten Ngada, Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada telah melakukan program kegiatan untuk mendukung Misi ke 4 Bupati terpilih periode 2016-2021 antara lain: 

1). Pendidikan dan Pelatihan bagi Guru, Calon Kepala Sekolah dan Pengawas secara bertahap. 

2) Meningkatkan kualitas mutu pendidikan melalui Ujian Nasional dengan melaksanakan kegiatan Try Out secara serentak. 

3) Meningkatkan kualitas mutu pendidikan melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

4) Sarana dan Prasarana terus dibenahi dari waktu ke waktu dengan dukungan dana DAU dan DAK.

5) Pendidikan Keluarga dan Vokasi terus dijalankan secara bertahap dan ada beberapa kegiatan lainnya yang sudah dilakukan untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Ngada, ungkap Vinsensius Milo pada Rapat Koordinasi Pendidikan Tingkat Provinsi NTT di aula Hotel Swiss-Belinn Kristal Kupang pada bulan Juli 2019 lalu.

Untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP, Kabupaten Ngada menjadi Kabupaten Peserta UNBK terbanyak di Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tahun pelajaran 2018/2019 dan tahun pelajaran 2019/2020. 

Nilai rata-rata UN SMP Kabupaten Ngada tahun pelajaran 2018/2019 lebih tinggi dari nilai rata-rata SMP se Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kita optimis, nilai rata-rata UN SMP Kabupaten Ngada tahun pelajaran 2019/2020 lebih baik lagi dan semua ini butuh kerja sama semua pihak yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x