Mohon tunggu...
Izzatul Firdaus
Izzatul Firdaus Mohon Tunggu... Masih belajar

Fine☺️

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Anatomi Otak dan Segala Tentangnya

6 Maret 2021   15:46 Diperbarui: 6 Maret 2021   16:00 139 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anatomi Otak dan Segala Tentangnya
jtpedia.com

Manusia diciptakan sebagai makhluk yang kompleks dengan berbagai dimesinya, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS At-Tin ayat 4 yang menjelaskan  bahwa Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Manusia diciptakan oleh Allah dengan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh ciptaan Allah yang lainnya, keistimewaan itu adalah Akal. Tak hanya itu Allah juga memberi keistimewaan lainnya kepada manusia dengan diciptakannya organ penting yaitu otak dalam tubuh manusia sebagai pusat kendali yang mengontrol seluruh gerakan dan fungsi indera manusia. Otak adalah pusat sistem saraf pada vertebrata dan banyak pada invertebrata yang lain dengan berat sekitar 3 pound / 48 once / 1360 gr / 1.3 kg dan panjang sekitar 15 cm yang terdiri dari -75% air, lemak dan protein dengan 86 miliyar sel saraf (neuron) dan miliyaran sel Glial. Otak juga terdiri dari beberapa bagian yang memiliki struktur dan organisasi yang saling berhubungan atau yang biasa kenal dengan anatomi. Otak terdiri dari 4 bagian dengan fungsi yang berbeda, yaitu:

1. Otak Besar (Cerebrum)

Otak besar atau cerebrum merupakan bagian otak yang paling besar,merupakan sistem saraf pusat yang membuat kanal pusat yang dangkal veatrikel serta pembentuk bagian putih dan abu-abu. Bagian abu-abu terdiri dari badan sel neuron, dendrit dan akson yang tidak diselimuti mielin, sedangkan bagian putih terdiri dari akson yang terbungkus mielin. Cerebrum mempunyai fungsi  sebagai pengontrol pusat sebagian besar kegiatan manusia yang berperan dalam pengaturan gerak sadar, memori, emosi, persepsi terhadap rangsangan, fungsi belajar, mengatur alat indera, dan lain-lain.  Sedangkan fungsi utamanya adalah sebagai sentral pengatur kesadaran dan memori. Otak besar terbagi menjadi 2 bagian yaitu belahan otak bagian kiri dan belahan otak bagian kanan, bagian otak  kiri berfungsi untuk mengontrol tubuh bagian kanan sedangkan belahan otak kanan berfungsi sebaliknya. Di dalam otak kiri dan otak kanan terbagi lagi menjadi 4 bagian yang disebut lobus yang setiap lobus nya mempunyai fungsi yang berbeda-beda yaitu:

  • Lobus frontal

Terletak di daerah otak di bagian depan yang berperan penting untuk mengendalikan gerakan tubuh, emosi, perencanaan, kreativitas, penilaian, gerakan dan pemecahan masalah. Didalam lobus frontal terbagi lagi menjadi 3 yaitu: korteks prefrontal, area premotor, dan area motor.

  • Lobus Parietal

Adalah lobus yang letaknya berada di belakang lobus frontal dan di bagian belakang atas otak. Lobus parietal berfungsi dalam penafsiran pesan dari bagian otak yang lain, selain itu lobus parietal juga berperan sebagai penafsir sentuhan, gerakan tubuh, sensasi nyeri, kemampuan berhitung, serta kemampuan motorik halus yang menggunakan jari tangan.

  • Lobus Temporal

Bagian otak besar yang terletak di setiap sisi otak sejajar dengan telinga,  dengan fungsi sebagai pengendali fungsi pendengaran, fungsi bahasa, emosi, dan memori.

  • Lobus Oksipital

Terletak di bagian punggung bawah otak di bagian kepala belakang. Memiliki fungsi untuk mengendalikan fungsi penglihatan dan kemampuan untuk mengenali obyek melalui retina mata yang akan mengirimkan obyek kedalam lobus oksipital.

2. Otak kecil (Cerebellum)

Otak kecil terletak di kepala bagian belakang tepatnya di bawah lobus oksipital dan di dekat batang otak, sesuai dengan namanya otak kecil mempunyai ukuran yang hanya sekitar segenggam tangan dengan  berat kurang lebih sekitar 1/8 berat otak keseluruhan namun otak kecil bisa memuat lebih dari 50% sel saraf pada otak. Meski nama dan ukurannya yang kecil namun otak kecil mempunyai fungsi yang besar terhadap tubuh yaitu:

  • Mengendalikan otak untuk mengontrol gerakan atau keseimbangan tubuh manusia
  • Mengatur postur serta keseimbangan tubuh
  • Selain mempunyai peran penting untuk mengatur sistem motorik, otak kecil juga memiliki beberapa fungsi kognitif seperti bahasa, emosi dan perhatian seseorang.

Sama halnya seperti otak besar otak kecil juga mempunyai 3 lobus yaitu sebagai berikut:

  • Lobus Anterior, dengan fungsi sebagai regulasi tonus oto dan mempertahankan sikap badan
  • Lobus Medius/ Lobus Posterior yang berperan sebagai koordinasi berbagai gerakan lincah
  • Lonus Flocculonodularis yang memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN