Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Beda "Prefer", "Would Rather", dan "Had Better"

1 Januari 2021   07:35 Diperbarui: 1 Januari 2021   07:50 312 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beda "Prefer", "Would Rather", dan "Had Better"
dok. pribadi

Sebagai catatan awal tahun 2021, artikel ini mungkin cocok karena masih aktual sebab pilihannya lebih baik kita di rumah saja merayakan tahun baru daripada berkerumun diluar yang punya resiko terkena virus covid 19. So, check this out.

Melihat ketiga kata di atas memang kerap membingungkan bahkan bagi mereka yang telah lama mempelajari Bahasa Inggris apalagi bagi yang mungkin baru saja belajar bahasa dari Negeri David Beckam ini, karena kesemuanya menyangkut tentang pilihan kegiatan yang dilakukan.

Hal ini bukan hanya soal arti dari kata-kata tersebut tapi pilihan bentuk dan pola setelah kata-kata tersebut yang juga harus benar-benar dihapalkan dan dipahami. Here we go.....

Kata "Prefer" merujuk kepada pilihan kegiatan yang sifatnya umum bukan kepada pilihan khusus, misalnya antara dua pilihan. Contohnya adalah: I prefer soccer to basket ball  (Saya lebih menyukai permainan sepak bola dari pada permainan bola basket).

Lihat gunakan kata depan "to" dimana artinya daripada. 

Contoh lain He prefers drinking milk to soda ((Dia lebih menyukai meminum susu dari pada meminum minuman bersoda).

Lihat gunakan juga setelah prefer, kata kerja bentuk --ing yang diikutii terus dengan kata to.  

Intinya dalam penggunaan prefer merujuk kepada pilihan "kalau bisa memilih", akan tetapi kalau tidak bisa memilih,  tidak jadi masalah. Kalau tidak ada sepak bola dan susu, tidak jadi masalah bermain bola basket atau meminum minuman bersoda.

Berikutnya kata "Would rather" menyatakan kesukaan kepada sesuatu yang lebih tebal (bold) atau lebih jelas/lantang ketimbang pilihan lainnya. 

Contoh: I would rather watch TV than listen to radio (Saya lebih menyukai nonton televisi daripada mendengar radio). Bisa diartikan saya lebih suka nonton televisi, kalaupun ada radio, saya tidak akan mendengarkannya. 

Lihat penggunaan kata kerja setelah would rather dengan bentuk yang polos (bare) atau lalu ditambah kata "than" yang juga berarti dari pada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x