Mohon tunggu...
Itsna Anisa Nurul
Itsna Anisa Nurul Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Mercu Buana

44522010069 - Digital Communication - Dosen pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Modul Komunikasi Efektif Teori Martin Buber

24 September 2022   22:01 Diperbarui: 24 September 2022   22:03 111 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama      : Itsna Anisa Nurul Utami

NIM         : 44522010069

Kampus : Universitas Mercu Buana

Dosen     : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

     Komunikasi adalah aktivitas dasar manusia. Melalui komunikasi, orang dapat berhubungan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, di tempat kerja, di pasar, maupun di masyarakat. Komunikasi adalah suatu kegiatan yang kepentingannya tidak disadari dan dianggap biasa. Apakah komunikasi itu efektif atau tidak, kita dipaksa untuk berkomunikasi sepanjang hidup kita. Bagaimana komunikasi bisa efektif? Bagaimana kita dapat memastikan bahwa pesan kita diterima dan dipahami sebagaimana dimaksud oleh pengirim pesan dan tanpa hambatan?

     Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini menyajikan model komunikasi efektif menurut teori Martin Bubber. Komunikasi yang efektif memerlukan pemahaman yang baik tentang komponen-komponen komunikasi dan fungsi dari masing-masing komponen tersebut. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk mencapai komunikasi yang efektif dan menghindari penghambatan.

     Sebelum kita membahas model komunikasi yang efektif, mari kita pahami dulu dasar-dasar komunikasi itu sendiri. Mulai dari pengertian, unsur-unsur komunikasi, jenis-jenis komunikasi, bentuk-bentuk komunikasi, dan tujuan komunikasi.

Apa Itu Komunikasi?

     Secara etimologis, komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu cum sebuah preposisi yang berarti dengan atau bersama dan kata units yang berarti satu. Kedua kata itu membentuk kata baru, kata benda, communio yang berarti kebersamaan atau hubungan.

     Singkatnya, komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan menggunakan media tertentu yang membantu membangun pemahaman yang sama. Informasi yang dikirimkan mungkin memiliki beberapa efek pada komunikan.

     Komunikasi adalah "proses atau tindakan penyampaian pesan (messages) dari komunikator kepada komunikan melalui suatu media (saluran) yang biasanya berupa suara bising (noise)". Dengan definisi ini, komunikasi harus disengaja dan menyebabkan perubahan. Jadi, ketika dua orang terlibat dalam komunikasi, misalnya dalam bentuk percakapan, komunikasi terjadi atau berlanjut selama ada kesamaan makna dari apa yang dikatakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan