Mohon tunggu...
Ilham Ramdhan
Ilham Ramdhan Mohon Tunggu... Teknisi - IT Technical Support

More info : www.it-banana.com

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Local Disk Drive C Penuh? Bisa Jadi Banyak Sampah

25 Oktober 2021   07:30 Diperbarui: 25 Oktober 2021   07:32 78 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebelum anda mencoba menambah partisi pada drive C di komputer windows gara gara penuh, mungkin cara menghapus sampah dan file yang sudah tidak terpakai bisa menjadi solusi utama anda.

Ternyata tanpa disadari sebagai pengguna komputer windows, terdapat sampah sisa dari penggunaan komputer yang selama ini tidak dihapus. Sampah tersebut berasal dari sisa browsing, install aplikasi, editing maupun lainnya. Sampah tersebut bisa jadi makin lama kian menumpuk dan menyebabkan local disk drive C anda penuh.

Bagi anda yang jarang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus sampah ini, anda bisa menggunakan cara manual untuk menghapus sampah tersebut. Selain untuk melonggarkan kapasitas penyimpanan, menghapus sampah pada windows juga bisa mempercepat kinerja komputer anda yang asalnya terasa lambat.

Cara manual yang bisa anda lakukan untuk menghapus sampah pada windows adalah :

  1. Menggunakan perintah %temp%
  2. Menggunakan perintah temp
  3. Menggunakan perintah prefetch
  4. Menggunakan menu Disk Cleanup

Cara menjalankan perintah diatas adalah dengan menggunakan menu run. Anda bisa memanggil langsung dengan menekan pada keyboard (Tombol windows + R) maka akan keluar jendela RUN tersebut. Atau anda juga bisa memanggilnya dengan cara klik start, lalu ketikan run makan anda tinggal memilih menu tersebut.

www.kompasiana.com/itbanana
www.kompasiana.com/itbanana

Selanjutnya anda coba jalankan perintah diatas satu persatu. Jika terdapat popup maka klik continue. Setelah itu anda akan melihat kumpulan file yang sudah tidak terpakai. Blok semua file yang terlihat lalu delete.

www.kompasiana.com/itbanana
www.kompasiana.com/itbanana

Cara menghapus sampah menggunakan disk cleanup bisa anda lakukan dengan cara klik start, lalu ketikan disk cleanup, pilih disk C, lalu pada menu disk clean up tersebut ceklis semua checkbox atau sesuaikan dengan keinginan anda apa saja yang akan dihapus, lalu setelah itu klik OK untuk menghapus file sampah tersebut.

www.kompasiana.com/itbanana
www.kompasiana.com/itbanana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan