Mohon tunggu...
Isyna AinimMahya
Isyna AinimMahya Mohon Tunggu... Lainnya - Because Allah .. About The Story Of My Life

Anglaras ilineng Banyu kali ananging ora keli

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

3 Hal Penting dalam Perkembangan Bahasa AUD!

21 November 2020   21:45 Diperbarui: 21 November 2020   21:46 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 "Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini"

Pada kesempatan ini kita akan membahas 3 hal penting dalam perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, yakni:

1.Fase perkembangan bahasa pada anak

2.Ciri khas perkembangan bahasa pada anak

3.Factor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak

Langsung saja yang pertama ya ...

1.Pada fase perkembangan pada anak

Pada fase ini di bagi menjadi 4 yaitu

*Fase Pralinguistik ( usia 0-11 bulan )

*Fase Linguistik ( usia 1-3 tahun )

*Fase Diferensiasi ( usia 3-5 tahun )

*Fase Menjelang sekolah ( >5 tahun )

Nah untuk tahun atau usia pada anak dalam setiap fase ini tentu saja tidak saklek atau tidak sama pada setiap anak. Tergantung dari kecepatan perkembangan bahasa mereka. Jadi disini, rentan usia ini hanya sebagai patokan secara umum berdasarkan penelitian-penelitian yang sudah di lakukan bahwa pola- pola ini terjadi pada rentan usia yang telah saya jelaskan tadi.

a.Fase Pralinguistik 

Adalah fase perkembangan bahasa anak pada usia 0-11 bulan. Disini anak sama sekali belum memiliki bahasa, artinya dia belum mampu untuk menggunakan bahasa formal seperti yang kita gunakan sehari-hari, atau juga belum mampu untuk mengenal huruf. Sehingga yang mereka lakukan hanyalah menangis. Menangis di jadikan sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi menyampaikan keinginan , atau untuk menyampaikan perasaan mereka.

Dia belum mengenal bahasa secara formal, lebih banyak berkomunikasi melalui suara atau bunyi.  Tidak hanya menangis tapi juga dengan erangan-erangan atau suara-suara tertentu yang di buat oleh si kecil. Dalam hal ini tujuanya adalah untuk berkomunikasi.

Ketika orang dewasa berkomunikasi dengan bayi ( usia 0-11bulan ),  ada di sebut dengan Baby Talk atau Child-Directed Speech (CDS). Maksudnya adalah sikap orang dewasa ketika ngomong sama anak kecil.

Tentu saja intonasi nya berubah, nadanya berubah, kemudian sikap atau gesture orang tua itu juga berubah. Jadi, tentu saja kita sering melihat ketika ketemu dengan anak kecil mka kita secara langsung akan mengubah semua agar sesuai atau setara dengan anak tersebut.

b.Fase Lingustik

 Pada fase ini anak memiliki 3 tahap :

*fase kalimat satu kata ( holophrastic ) : mama, papa. Susu, maem, dll.

*Fase kalimat dua kata : hidung pesek, bola mana ?, anjing besar.

*Fase kalimat beberapa kata ( telegraphic) : mama maem nasi, aku suka pusing.

c. Fase Diferensiasi

keterampilan anak mengadakan difrensiasi dalam penggunaan kata-kata dan kalimat. Perbendaharaan kata sedikit demi sedikit mulai berkembang. Karena seringnya interaksi dengan orang dewasa, atau dengan teman-temannya, maka perbendaharaannya akan berkembang.  Terdapat diferensiasi kata benda dan kata kerja dalam pemakaian nya, hal ini ditandai dengan penggunaan kata depan, kata ganti dan kata kerja bantu.  

d.Fase Menjelang Sekolah

pada fase ini anak sudah mampu untuk berkomunikasi dengan orang dewasa secara efektif dan dia mampu untuk menyusun beberapa kalimat menjadi sebuah cerita ( storytelling ) dengan menggunakan struktur yang sesuai. Nah, pada usia 5 tahun keatas anak sudah mulai nih bisa bercerita. Jadi, dia bisa bercerita tentang apa yang dia lihat atau apa yang terjadi di sekelilingnya.  Dan peran orang tua adalah untuk menstimulasi atau memfasilitasi anak agar dia mampu melatih kemampuan bahasanya dengan salah satunya yaitu story telling.

2.Fase Perkembangan Bahasa Pada Anak

Ciri- ciri nya yaitu :

a.Kosa kata meningkat cepar karena anak melakukan fast mapping ( anak menyerap makna kata baru setelah mendengarnya satu atau dua kali dalam percakapan.

b.Fast Mapping lebih mudah di lakukan untuk kata benda dari pada kata kerja.

c.Terdapat peningkatan dalam kemampuan mengkombinasikan suku kata menjadi kata, dan kata menjadi kalimat.

d.Kalimat-kalimat masih singkat dan jelas.

e.Umumnya merupakan kalimat deklaratif (pernyataan) dan kalimat Tanya dengan menggunakan kata apa dan di mana.

f.Sering menyatukan kalimat dalam urutan yang panjang tanpa henti.

g.Pemahaman ( comprehension ) masih kurang sempurna

h.Anak usia 5 tahun menggunakan kata-kata yang lebih sopan serta menggunakan lebih sedikit kalimat perintah langsung.


3.Factor- factor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak

Tentunya banyak sekali factor yang mempengaruhu perkembangan pada anak, dan sangat bervariasi, namun disini saya hanya akan membahas lima yang mungkin paling berkaitan, berguna dan paling banyak mmepengaruhi perkembangan bahasa pada anak.

a.Lingkungan

b.Budaya

c.Intelegensi

d.Kondisi fisik

e.Jenis kelamin

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun