Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Pilihan

Menyiapkan Dana Khusus Kunci Agar Finansial Tetap Sehat saat Ramadhan

16 April 2023   03:12 Diperbarui: 16 April 2023   03:20 811
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menyiapkan dana khusus untuk Ramadhan (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Persiapan finansial yang tepat sangatlah penting untuk menghadapi bulan Ramadhan. Bulan suci yang penuh berkah ini merupakan waktu yang istimewa bagi umat Muslim untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah. 

Namun, meningkatnya kegiatan sosial dan keagamaan selama bulan Ramadhan seperti berbagi makanan, menghadiri acara buka puasa bersama, dan memberikan sumbangan atau sedekah yang lebih banyak dari biasanya dapat menimbulkan pengeluaran yang besar. 

Oleh karena itu, menyiapkan dana khusus sangat diperlukan agar keuangan tetap sehat selama bulan Ramadhan. Menyiapkan dana khusus ini dapat membantu dalam mengatur keuangan selama bulan Ramadhan, seperti memenuhi kebutuhan makanan khusus Ramadan, zakat, infaq, dan sedekah. 

Dengan memiliki dana khusus, keuangan dapat teratur dan terkontrol dengan baik, sehingga tidak mengganggu kesehatan keuangan di masa mendatang.

Menyiapkan dana khusus juga membantu dalam menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan. Dengan memiliki anggaran yang jelas dan terperinci, kita dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan membatasi pengeluaran yang penting. 

Hal ini akan membantu kita dalam menjaga kesehatan keuangan dan menghindari terjadinya hutang yang dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Pentingnya menyiapkan dana khusus untuk Ramadhan

Sebagai seorang Muslim, saya menyadari betapa pentingnya menyiapkan dana khusus untuk persiapan pengeluaran selama bulan Ramadhan. Dengan demikian, setiap tahun saya selalu menyisihkan sebagian penghasilan sebagai dana khusus yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan.

Pertama-tama, saya membuat daftar pengeluaran yang diperkirakan akan saya keluarkan selama bulan Ramadhan, seperti makanan khusus Ramadan, zakat, infaq, dan sedekah. Berdasarkan daftar tersebut, saya menentukan jumlah dana khusus yang akan disisihkan.

Selain menyiapkan dana khusus, saya juga mencari sumber penghasilan tambahan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Saya mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan atau mengoptimalkan penghasilan dari bisnis online yang saya jalankan.

Dalam upaya menghemat pengeluaran, saya membatasi pengeluaran yang tidak penting dan menghindari pembelian yang impulsif. Saya juga mengatur menu makanan dengan baik agar tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membeli makanan di luar.

Mempertimbangkan Pengeluaran selama Ramadhan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun