Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Cara Menyiram Tanaman Secara Otomatis Tanpa Ribet dengan Sistem Irigasi Tetes

6 Desember 2022   10:49 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:03 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar cara menyiram tanaman secara otomatis/Hidrafarm

Cara Menyiram Tanaman

Kamu penyuka tanaman yang menghijau di pekarangan rumah, atau senang healing dengan berkebun, memetik sayuran yang kita tanam sendiri? 

Tapi, sayang seribu sayang agak malas jika harus menyiram tanaman setiap hari. Karena, ya kesibukkan dan rutinitas harian dan pekerjaan kita terkadang menyita waktu. Sehingga, setelah beberapa hari kita gunakan waktu luang untuk bercocok tanam. 

Maka, hari-hari berikutnya, kita tidak memiliki waktu untuk memperhatikan tanaman tersebut. Saat kembali sadar dan mulai lagi memperhatikan si hijau. Eh, dia sudah mengering, bahkan mati.

Tenang saja, kamu tidak sendirian. Banyak orang yang memiliki pengalaman seperti itu. Senang menanam, tapi tak ada waktu untuk menyiram. Hal ini dialami juga oleh saya. 

Oleh karena itu, saat menemukan judul tulisan ini. Kamu sudah berada di jalur yang tepat. Karena, saya akan membagikan cara menyiram tanaman secara otomatis tanpa ribet dengan sistem irigasi tetes.

Sebenarnya, saat kamu klik di mesin pencarian akan ditemukan banyak sekali cara dalam menyiram tanaman secara otomatis. Saya juga telah mencoba berbagai cara tersebut. Dari mulai bertanam secara hidroponik, alias menanam tanpa tanah, tapi dengan media air saja. Lalu, sistem infus dengan menggunakan alat serupa jarum suntik yang bisa kita beli di toko-toko. Namun, cara-cara tersebut, saat dipraktekkan agak ribet, dan memerlukan biaya yang cukup besar.

Nah, berikut adalah cara yang saya temukan dan sudah dipraktekkan untuk kebun saya. Sejauh ini, epektif ya. Modal yang dibutuhkan hanya botol bekas minuman yang dapat dengan mudah kita temukan dan air. Tidak memerlukan lagi alat yang lain. Cara mengaplikasikannya pun gampang sekali.

Cara Menyiram Tanaman dengan Teknik Irigasi Tetes

Bagi kamu yang biasa bercocok tanam, dan hobi menanam. Maka, istilah irigasi tetes mungkin sudah familiar, ya. Tapi, bagi kamu yang baru mulai coba-coba menanam, tentu agak asing juga. Di pikiran kamu mungkin akan terbayang sistem irigasi yang biasa ada di sawah. Aliran air berbentuk selokan memanjang dengan benteng dari bata dengan campuran semen. Wah, megah sekali, ya. Akan banyak sekali modal yang harus disiapkan. 

Irigasi tetes dalam hal ini merupakan sebuah metode irigasi yang bertujuan untuk menghemat air dan pupuk pada tanaman. Dengan cara membiarkan air untuk menyiram tanaman tersebut menetes secara pelan-pelan, setetes demi setetes menuju ke akar tanaman, melalui permukaan tanah.

Manfaat dari teknik irigasi tetes ini adalah membantu dalam memenuhi kebutuhan air pada tanaman. Dengan begitu, dapat meningkatkan pemanfaatan unsur hara pada tanah. Hal ini akan mempercepat bibit tanaman dalam beradaftasi dengan tanah. Sehingga akar akan tumbuh dengan kuat dan optimal agar tanaman berkembang dengan baik dan berhasil sampai panen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun