Mohon tunggu...
KKN UM PAGEDANGAN
KKN UM PAGEDANGAN Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswi di Universitas Negeri Malang Program Studi S1 Pendidikan Geografi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN UM Membuat Buku Profil Desa sebagai Pengenalan Potensi dan Keruangan Desa Pagedangan

3 Juli 2019   23:30 Diperbarui: 3 Juli 2019   23:34 161 0 0 Mohon Tunggu...

MALANG- Di dalam sebuah instansi mulai tingkat desa sampai dengan nasional, buku profil menjadi salah satu aset yang berharga sehingga buku tersebut wajib ada dalam sebuah instansi dan perlu diupdate setiap 5 hingga 10 tahun sekali. Dengan kesadaran akan pentingnya dokumen buku profil desa yang memuat seluruh potensi dan menggambarkan keruangan desa tersebut maka sudah semestinya diterbitkan buku yang berisi pengenalan Desa Pagedangan, mulai dari peta yang menggambarkan Desa Pagedangan, Demografi, Objek Wisata, Kuliner serta potensi usaha yang berkembang dalam desa tersebut.

Kelengkapan berkas atau dokumen dalam desa sangat penting, hal ini dikarenakan setiap tahun terdapat penilaian kondisi desa oleh pihak Kecamatan maupun Kabupaten yang meliputi: kelengkapan dokumen atau berkas penunjang desa beberapa diantaranya seperti peta dan buku profil desa, selain itu juga terkait web desa yang digunakan sebagai pengenalan desa ke masyarakat luas. 

Hal ini sejalan yang diungkapkan oleh perangkat Desa Pagedangan, Hasan "setiap tahun ada penilaian kelengkapan kantor desa oleh pihak Kecamatan kadang Kabupaten, dan kantor desa kami belum memiliki buku profil untuk mempromosikan potensi dalam Desa Pagedangan ini". Mengingat pentingnya kelengkapan dokumen tersebut maka tim KKN UM menulis buku profil Desa Pagedangan, membuatkan Peta Administrasi dan Tata Guna Lahan Desa Pagedangan.

 Sumber yang digunakan dalam penulisan buku profil tersebut berasal dari sumber primer dan sekunder, yang mana sumber primer didapat dari hasil observasi langsung dari lapangan dan hasil wawancara dengan beberapa masyarakat umum Desa Pagedangan sedangkan data sekunder didapat dari studi literatur. Nantinya dalam buku juga akan dicantumkan peta adminisrasi dan peta tata guna lahan Desa Pagedangan.

Manfaat dari dibuatnya buku profil dan peta desa yakni sebagai bahan referensi dan pengembangan ilmu pengetahuan bagi masyarakat umum khususnya pengetahuan mengenai seluk beluk Desa Pagedangan. Buku profil dibuat oleh Sen, Fara Nabila dan Ririn sedangkan peta administrasi dan tata guna lahan Desa Pagedangan dibuat Oleh Istikharotul Khoirun Nisa. Keempat mahasiswa ini merupakan anggota Kuliah Kerja Nyata (KKN) UM. Respon perangkat desa terhadap dibuatnya produk buku profil dan peta desa sangat baik, karena selama ini desa belum mempunyao dokumen tersebut sehingga hal ini dinilai sangat membantu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x