Mohon tunggu...
Isnaya QurratuAkyuni
Isnaya QurratuAkyuni Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember

Menjadi penulis merupakan hal yang berefek positif dalam segala sisi kehidupan karena semua dengan ditulis akan mengingatkan sesuatu yang menjadi energi positif dalam diri.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pandangan Pragmatis William James

18 Juni 2020   13:40 Diperbarui: 18 Juni 2020   13:41 350 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandangan Pragmatis William James
sumber: isnaya qurratu

William James
Siapa sih yang ga kenal tokoh terkenal psikologi agama ini merupakan soerang ahli psikologi yang berasal dari New Hampsire Amerika. Konsep dasar pemikiran WILLIAM JAMES ini yaitu penekanan kepada agama harus bergerak maju dan konsep dasar pemikiran juga terfokus kedalam perilaku keagamaan pribadi. Beberapa dasar untaian pemikiran James dapat tertuang dari beberapa hasil pemikiran nya tentang agama. 

Seperti : Agama merupakan hal yang amat pribadi oleh sebab itu apabila ingin mengetahui maka kita harus empatik dalam kehidupan nya dan harus dapat memberikan ruang positif untuk berkembang terhadap keyakinan yang di anut. Tidak hanya itu, William James juga memiliki konsep pemikiran agama pada poin ke-2 yaitu emotional (emosi). 

Emosi disini merupakan elemen penting yang akan membuat manusia bersikap setereotip terhadap agama tetapi konsep dasar dari emosi disini lebih ditekankan kepada dokumen batiniyah yang ada dalam diri setiap pribadi manusia untuk mengetahui tingkat kematangan beragama. 

Tidak hanya itu sih, juga ada konsep pemikiran William James tentang keanekaragaman. Keanekaragaman disini pengalaman keagamaan yang dialami seorang secara praktis dan tidak terbatas.

Keanekaragaman disini juga sebagai hal positif untuk saling memperkukuh persatuan (bagi kita yang berbeda keyakinan) dan memperkuat ukhuwah islamiah (untuk yang sama keyakinan) supaya perpecahan dapat di elak kan. 

Lanjut ke argumentasi selanjutnya, William James juga merelvansikan pemikiran nya dengan teori bertahan hidup agama akan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dengan konseo batiniyah yang kuat tentang keimanan.

Nahh itu lah sosok william james dalam pragmatis keagamaan..
mohon like comen serta share yaa ~

VIDEO PILIHAN