Mohon tunggu...
Isna Safitri
Isna Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mimpi Ibarat Kata Kerja, yang Harus di Mulai Dengan Tindakan

Menekuni Pendidikan Masyarakat, olahraga dan memasak adalah cara Saya untuk refreshing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Twitter sebagai Media Literasi Informasi bagi Mahasiswa

25 Oktober 2021   09:01 Diperbarui: 25 Oktober 2021   12:07 157 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
"Mengkaji Informasi terupdate kini menjadi tren melalui Media sosial twitter dianggap lebih mudah" Foto: Pixabay

Teknologi berkembang begitu pesat membawa dampak bagi kehidupan manusia. Alih fungsi teknologi tidak sebatas membantu menyelesaikan pekerjaan, melainkan mampu berinteraksi secara luas melalui suatu kontak media sosial. 

Munculnya berbagai fitur media sosial yang memberikan kemudahan bagi penggunanya, berupa layanan pesan, informasi, tayangan aktual paling update seperti yang terdapat pada aplikasi twitter. 

Penggunaan twitter sangatlah populer dikalangan masyarakat. menurut catatan Hootsuite, pengguna Twitter di Indonesia mencapai 19,5 Juta orang, dan menjadi negara urutan ke lima pengguna twitter terbesar di dunia. Terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19, mengharuskan kegiatan berjalan secara daring di rumah.

Untuk itu, media massa berperan sangat penting dalam meningkatkan potensi ditengah wabah pandemi. Mayoritas penggunaan twitter adalah kalangan remaja keatas, salah satunya adalah kalangan mahasiswa

Kecepatan dalam penyebaran informasi melalui salah satu situs Twitter dengan ide social networking berbasis microblogging untuk menjalin sosialisasi dunia maya, membentuk jaringan, dan memberikan fasilitas bagi pengguna.

Foto: Dok Pribadi Ria
Foto: Dok Pribadi Ria

Literasi informasi sangatlah penting di era komunikasi digital saat ini. 

Sebagai generasi muda, kita harus pandai dalam memanfaatkan media digital, seperti aplikasi twitter yang banyak dimanfaatkan sebagai sarana mengakses informasi. Hal tersebut juga dirasakan oleh Ria yang merupakan salah satu Mahasiswa Universitas Diponegoro, pengguna twitter sebagai media literasi informasi.

 "Aplikasi Twitter sangat membantu Saya dalam memperoleh informasi dan memperluas jaringan relasi. Dengan beberapa fitur-fitur yang disajikan, semakin memudahkan Saya untuk membuka wawasan dan menambah insight" ujar Ria.

Foto: Dok Pribadi Fira
Foto: Dok Pribadi Fira

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan