Mohon tunggu...
Isnaini Khomarudin
Isnaini Khomarudin Mohon Tunggu... Full Time Blogger - editor lepas dan bloger penuh waktu

peminat bahasa daerah | penggemar kopi | pemburu buku bekas

Selanjutnya

Tutup

Green Pilihan

Manfaat Berkebun bagi Anak

23 Juni 2022   18:20 Diperbarui: 26 Juni 2022   19:35 37 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Mengajak anak berkebun (SHUTTERSTOCK)

Selama pandemi bahkan ketika kasus Covid-19 telah melandai, tren berkebun semakin digemari. Menciptakan kebun mini baik di pekarangan atau pot-pot mini kian digandrungi. Selain penghijauan untuk mengurangi emisi, kita bisa memetik keuntungan ketika buah besar dan siap dipanen. 

Belum lagi efek terapi anti stres dengan memandangi tanaman, baik buah ataupun sayuran, di aneka pot setiap hari untuk meredakan kebosanan. 

Namun di balik tujuan itu, ternyata banyak manfaat berkebun yang bisa anak-anak petik atau rasakan jika mereka dilibatkan. 

Berkebun sangat bermanfaat bagi anak. (Foto: dok. pri)
Berkebun sangat bermanfaat bagi anak. (Foto: dok. pri)

1. Melatih kesabaran

Ketika berkebun anak-anak mau tak mau belajar untuk bisa bersabar. Menanam adalah pekerjaan yang bergantung pada proses. 

Butuh waktu untuk menanti agar tanaman subur dana membuahkan hasil. Ya sabar menanti, sabar menyiangi rumput, sabar menyirami dan sebagainya.  

2. Mencintai lingkungan

Dengan berkebun atau bercocok tanam, anak-anak bisa diajarkan untuk mencintai lingkungan. Peduli pada emisi karbon yang semakin meningkat sehingga menuntut kita untuk terus menambah jumlah tanaman atau tumbuhan. Setelah merasakan manfaat praktisnya, mereka akan terdorong untuk menyayangi lingkungan.

Mencintai lingkungan juga terbentuk ketika mereka sadar betapa banyak bagian dari tanaman--daun, akar, hingga buah--yang bisa kita konsumsi sebagai makanan, lebih-lebih untuk bertahan selama pandemi atau pasca pandemi yang masih menyisakan labilnya ekonomi.

Bunga telang hasil berkebun, banyak khasiatnya. (Foto: dok. pri)
Bunga telang hasil berkebun, banyak khasiatnya. (Foto: dok. pri)

3. Berpikir kreatif

Dalam praktik berkebun, kami sebagai orangtua selalu menekankan kepada anak-anak tentang pentingnya memanfaatkan barang yang ada sebagai pelengkap kebutuhan berkebun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Green Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan