Mohon tunggu...
Lingkungan

Pentingnya Mengolah Kemasan Plastik Bekas, Mahasiswa UBSI Melakukan Pengabdian Masyarakat

23 November 2018   15:59 Diperbarui: 23 November 2018   16:26 297 0 0 Mohon Tunggu...

Bogor -- Plastik merupakan material yang sangat akrab dalam kehidupan manusia. Hampir setiap produk menggunakan plastik sebagai kemasan atau bahan dasar. Material plastik banyak digunakan karena memiliki kelebihan dalam sifatnya yang ringan, transparan, tahan air, serta harganya relatif murah akibatnya jumlah produk plastik yang jadi limbah pun terus bertambah. 

Pada Sabtu (17/11) Mahasiswa D3 Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika Bogor menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat "Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik" kepada Anggota Karang Taruna Villa Mutiara Bogor 2.

Sehubungan dengan  menumpuknya kemasan plastik, mahasiswa ubsi mengajak pemuda-pemudi agar sadar dalam mengolah kemasan plastik menjadi sebuah kerajinan tangan guna mengurangi menumpuknya kemasan plastik. 

Kegiatan ini mengimbau pemuda-pemudi agar lebih produktif, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan dan menghasilkan kerajinan bernilai jual dari kemasan plastik. Tujuan mereka agar pemuda-pemudi dapat memanfaatkan keterampilan untuk bisnis sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

Mahasiswa Ubsi mengimbau pemuda-pemudi untuk mengumpulkan kemasan plastik bekas kopi atau susu, kemudian kemasannya di bersihkan. Setelah bersih, di lipat melingkar sehingga dapat di susun menjadi sebuah kerajinan tangan. Dari kegiatan ini telah menghasilkan sebuah tas mini dari kemasan plastik tersebut.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, ilmu yang di berikan dapat bermanfaat dan bisa di aplikasikan untuk kegiatan Karang Taruna ini" Ujar Ristia Asmarani, selaku wakil ketua pada kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.

VIDEO PILIHAN