Mohon tunggu...
ismaria manuelly manalu
ismaria manuelly manalu Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru dengan hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3

20 Mei 2023   22:14 Diperbarui: 20 Mei 2023   22:21 2112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengelolaan Program yang berdampak Positif pada Murid

CGP Angkatan 7 

SDN 005 Samarinda Ilir

Penulisan jurnal refleksi kembali dilakukan oleh CGP angkatan 7 pada paket modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Pengalaman belajar pada sesi ini dimulai 13 Mei 2023 dengan penuh semangat mengerjakan setiap alur MERDEKA yang dimiliki CGP pada LMS. Adapun untuk menuangkan refleksi pribadi terhadap pengalaman belajar kali ini, CGP akan menjawab pertanyaan-pertanyaan pemantik yang ada pada LMS, Forum Diskusi Eksplorasi Konsep Modul 3.3 setelah sebelumnya CGP telah melakukan diskusi bersama kelompoknya terkait hasil analisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam sebuah contoh program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler.

1. Apa yang CGP pahami tentang konsep kepemimpinan murid (student agency)?

Setelah saya mempelajari sesi pada modul 3.3 ini, muncul pemahaman saya mengenai kepemimpinan murid adalah bagaimana diri murid memiliki inisiatif untuk bertindak aktif serta mau mengambil sebuah keputusan dengan disertai rasa penuh tanggungjawab atas pilihannya daripada hanya sekedar menerima dan melakukan apa yang telah ditetapkan/ditentukan orang lain. 

Pada saat murid merasa merasa berdaya dan mampu mengambil kontrol terhadap proses belajarnya sendiri serta merasa bahwa dirinya juga dapat membuat sebuah perubahan berarti baik bagi dirinya maupun lingkungan yang ada di sekitarnya maka hal ini juga dapat dikatakan bahwa murid tersebut memiliki agency atau kepemimpinan.

Perspektif terkait student agency juga muncul dengan pemikiran bahwa pada saat murid memiliki kepemimpinan mereka akan berusaha untuk memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapainya dan ingin menunjukkan keterlibatan yang tinggi dalam proses pembelajaran. Mereka akan menunjukkan rasa ingin tahu, inisiatif dan mampu membuat pilihan-pilihan tindakan yang bertanggungjawab.

2. Bagaimana CGP dapat mendorong dan mempromosikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid di kelas CGP?

Dalam proses belajar, pemimpin pembelajaran bukan hanya memiliki tugas mendorong pencapaian akademik yang tinggi namun juga dirasa perlu untuk mendorong kesejahteraan diri para muridnya dengan menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dengan memperhatikan suara murid, pilihan murid dan rasa kepemilikan atas pembelajaran mereka.

CGP yang juga merupakan seorang pemimpin pembelajaran hendaknya memberikan ruang bagi muridnya untuk bersuara dan memilih apa yang akan mereka pelajari, bagaimana cara mereka belajar dan bagaimana mereka mendemonstrasikan pembelajaran mereka. Murid yang telah memutuskan apa yang menjadi pilihannya tentu saja akan memiliki rasa kepemilikan yang tinggi dan tentunya akan bertanggungjawab terhadap proses belajar mereka sendiri.

Upaya dalam mendorong dan mempromosikan suara, pilihan dan kepemilikan murid di dalam kelas pembelajaran dapat dilakukan dengan menyematkannya pada lingkungan belajar murid. Contoh kegiatan yang dapat CGP lakukan dalam mempromosikan suara murid diantaranya dengan melakukan kegiatan diskusi dalam membangun budaya saling mendengarkan serta membuat kotak saran untuk memberikan kesempatan bagi murid dalam memberikan saran dan masukan tentang sekolahnya. Memberikan kesempatan para murid untuk memilih sumber-sumber belajar sesuai minat mereka adalah satu dari banyak kegiatan yang dapat guru lakukan dalam mempromosikan pilihan di kelas pembelajaran. Pada ruang 'kepemilikan murid', kegiatan yang dapat guru lakukan yakni dengan mengajak murid mengatur layout kelas mereka sendiri.

3. Hal konkret apa yang akan CGP lakukan, sesuai dengan konteks keadaan nyata yang dihadapi (pikirkan aset-kekuatan yang dimiliki) untuk mewujudkan 7 karakteristik lingkungan yang menumbuh kembangkan kepemimpinan murid di sekolah CGP?

Hal konkret yang akan dilakukan oleh CGP untuk mewujudkan 7 karakteristik lingkungan yang menumbuhkemban3. Hal konkret apa yang akan CGP lakukan, sesuai dengan konteks keadaan nyata yang dihadapi (pikirkan aset-kekuatan yang dimiliki) untuk mewujudkan 7 karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid di sekolah sesuai dengan konteks keadaan nyata yang dihadapi dengan:

a. Membiasakan murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif melalui membuat kesepakatan kelas dari siswa untuk siswa

b. Menciptakan lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif arif dan bijaksana dimana murid akan menjunjung nilai-nilai sosial positif yang berbasis pada nilai-nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah melalui budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

c. Mewujudkan lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non akademiknya dengan mengaktifkan kembali kegiatan ekstrakurikuler setelah sekian lama tidak aktif karena adanya pandemi covid.

d. Menciptakan lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya dengan pembentukan komunitas kelas dan antar kelas.

e. Menciptakan lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok maupun golongan.

f. Mewujudkan lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada murid.

g. Menciptakan lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit ditengah kesempitan dan kesulitan dengan menggunakan pola pikir berbasis aset/kekuatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun