Mohon tunggu...
Isma Pratama
Isma Pratama Mohon Tunggu... Lainnya - Mochammad Nur Isma Pratama

IG m.nur_ismapratama

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keutamaan Menjadi Orang Dermawan

28 September 2021   00:12 Diperbarui: 28 September 2021   00:14 44 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keutamaan Menjadi Orang Dermawan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keutamaan Menjadi Orang Dermawan 

                        Dosen Pengampu: Dr. Ira Maerani, S.H , M.H (Dosen FH Unissula)

                        Mahasiswa: Mochammad Nur Isma Pratama (Mahasiswa Teknik Sipil Unissula)

                        NIM: 30202100127

Disaat kondisi seperti sekarang ini, informasi sangatlah mudah diperoleh sehingga kita dapat termotivasi untuk belajar dalam hal kebaikan. Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi nilai Islam. Sesungguhnya setiap orang memiliki sifat memberi, Tetapi tidak semua orang memiliki sifat pemberi. Maka dari itu kita sebagi makhluk sosial harus memiliki sifat dermawan atau bersedekah kita harus mencotoh Panutan Kita semua yaitu Rasullulah SAW Beliau merupakan sosok yang amat Dermawan. Beliau juga selalu mencontohkan dan mengajarkan tentang keutamaan dalam Bersedekah. Dalam beberapa Hadist dan didalam Al-Qur'an, bahwa Rasullulah SAW mengatakan bersedekah merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim.

Dikisahkan terdapat seseorang yang bernama Andi, Andi memiliki usaha di bidang makanan. Usaha beliau laris dan maju di suatu hari Andi ingin menyumbangkan sedikit keuntungannya didalam usaha makanan tersebut yang sekarang maju dan laris, Andi menyumbangkan kepada masjid yang berada tidak jauh dari rumahnya Andi bersedekah berupa uang, yang dimaksud untuk pembangunan masjid tersebut kebetulan masjid dekat rumah Andi sedang melakukan renovasi. Setelah berlalu beberapa bulan tahun demi tahun usaha yang ditekuni Andi maju pesat dan laris manis sampai bisa membuka cabang di luar kota.

Maka dari itu kita sebagai umat Islam yang taat kepada Allah mari kita berlomba lomba dalam kebaikan atau biasa kita sebut Fastabiqul khoirot. Dengan kita bersedekah harta kita tidak akan berkurang melainkan harta kita akan bertambah berkali-kali lipat karena Allah menyukai orang yang Dermawan. Rasullulah Bersabda SAW:

''Sesungguhnya Allah Maha Pemurah menyukai kedermawanan dan akhlak yang mulia serta membenci akhlak yang rendah/hina''

[HR. Al-Hakim (I/48), dari Sahabat Sahl bin Sa'ad z. Dishahihkan oleh al-Hakim dan disetujui oleh Imam adz-Dzahabi, lihat Silsilatul Ahaadiits ash-Sha-hiihah (No.1378)]

Orang yang bersifat dermawan adalah orang yang ikhlas dalam berderma, tanpa ada niat untuk mencari atau mendapatkan sesuatu apapun dari manusia, bahkan tidak berharap sekalipun untuk mendapatkan ucapan terima kasih dari orang yang telah ditolongnya. Dan yang dilakukannya semata-mata hanyalah untuk mengharap pahala dan ridho dari Allah SWT.

Allah SWT. berfirman :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan