Ismah Maulidah
Ismah Maulidah Mohon Tunggu... -

1302055080 Ilmu Komunikasi B 2013 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman Samarinda

Lyfe

Bontang Punya Cerita (Study Tour PT Badak LNG dan KopKar PT Pupuk Kaltim)

12 Juni 2016   16:54 Diperbarui: 13 Juni 2016   19:12 73

Senin, 30 Mei 2016 pukul 04.30 Wita sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi berjumlah 133 orang berkumpul di Dekanat Fisipol Universitas Mulawarman dalam rangka Study Tour atau kuliah lapangan ke Bontang. Cuaca pagi itu kurang bersahabat karena hujan deras yang mengguyur seluruh Kota Samarinda sehingga jadwal keberangkatan yang seharusnya Pukul 05.00wita di undur menjadi Pukul 05.30wita kami berangkat dari samarinda menggunakan 5bus yang telah disewa oleh panitia sebagai transportasi selama study tour. Perjalanan ditempuh dengan jarak 117,7km dengan memakan waktu kurang lebih 3jam dengan cuaca yang sama. Selama diperjalanan yang kami lakukan hanyalah istirahat dan bercerita bersama kawan-kawan, kami sampai di bontang pada pukul 08.45wita. Sesampai diBontang kami langsung ke PT. Badak LNG dan kami langsung disambut dengan ramah oleh pegawai-pegawai PT. Badak LNG.

Acara pembukaan dimulai pukul 09.15wita yang dibuka langsung oleh Perwakilan PT. Badak LNG dan Company Profile-nya. Selanjutnya kami diberi materi yang berkaitan dengan mata kuliah Strategi Perhumasan mengenai sejarah perusahaan, struktur perusahan serta yang terpenting dari study tour ini adalah mengenai HUMAS perusahaan, media realtions yang digunakan PT. Badak LNG dalam membangun Perusahaan serta mempromosikan dan bekerjasama dengan perusahaan lain. Media Relations yang di gunakan PT. Badak LNG ada 3 bentuk yang pertama Printed seperti , Internal Magazine ,Calendar & Agenda ,Annual & Sustainability Report , Book & Booklet etc, Banner & Billboard etc, Photo Documentation. Kedua bentuk Electronic seperti LNG TV, Videotrone, Internal website/Intranet, Eksternal Website, Social media. Ketiga adalah News & Relations seperti Press Realese , Advertorial , Advertisement, Press Gathering & Media Center, Media Monitoring.

PT. Badak LNG memberikan materi yang perlu kami ketahui mengenai bagaimana Humas perusahaan bekerja dalam membangun serta mempertahan Citra perusahaan agar tetap baik dimata masyarakat sekitar dan luar serta relasi perusahaan. Strategi yang digunakan lebih menekankan pada media relations serta CSR. Contoh CSR yang sudah dilakukan adalah pembangunan lingkungan, meliputi infrastruktur, pendidikan, kesehatan, keagamaan, pemuda, olahraga, dukungan untuk orang cacat, elevasi kemiskinan, pemberdayaan masyarakat dan peluang bisnis. Masyarakat di sekitarnya dapat menikmati sarana dan prasarana, yang dikembangkan,  seperti konstruksi jembatan dan dermaga nelayan.

Setelah mendapat materi tentang PT. Badak LNG kami di ajak berjalan-jalan mengelilingi komplek perusahaan menggunakan bus perushaan karena hanya kendaraan perusahaan yang boleh masuk daerah tersebut. Terdapat 3 zona yang kami kelilingi, disetiap zona memiliki nama yang berdeda dan fungsi yang berbeda. Terdapat Kilang-kilang serta pipa-pipa minyak yang digunakan untuk memproduksi gas menjadi minyak. Lalu terdapat Flare yang digunakan untuk mengukur dan mengurangi tekanan gas alam dalam proses produksi. Sayang sekali lokasi ini tidak dibuka untuk umum padahal pemandangan disana sangat indah dan mengesankan , jernihnya air laut serta pepohonan yang rindang membuat kita bentah berlama-lama disana. Hal ini karenakan lokasi ini terdapat banyak bahan yang mudah meledak sehingga berbahaya bagi masyarakat umum untuk berkunjung. Pada saat berkeliling kami tidak diperkenankan membawa Handphone atau pun kamera karena dapat memicu terjadinya radiasi.

Studytour di PT. Badak LNG berakhir pada pukul 13.00wita setelah kami diberi makan siang sebelum kami melanjutkan perjalanan kembali ke Koperasi Karyawan PT. Pupuk Kaltim. Sebelum kami ke KopKar PT.Pupuk Kaltim, kami mampir ke masjid yang berada di komplek PT. Pupuk Kaltim untuk melakukan ibadah sholat dzuhur. Setelah itu kami langsung ke Kopkar yang tidak jauh dari lokasi masjid, sesampai disana kami disambut dengan baik oleh karyawan-karyawan yang ada disana. Acara dimulai dengan pembukaan dan pemberian sambutan oleh Perwakilan PT. Pupuk Kaltim serta Ketua Prodi ilmu Komunikasi. Selanjutnya kami diberi materi mengenai Koperasi yang berkaitan dengan mata kuliah Komunikasi Bisnis. Materi dan tanya jawab disampaikan kurang lebih 2 jam dan acara ditutup dengan berfoto bersama.

Setelah dari PT.Pupuk Kaltim kami melanjutkan perjalanan ke Bontang Kuala untuk sedikit refreshing setelah mendapatkan materi-materi yang sangatt berguna untuk perkuliahan kami. Dibontang Kuala kami berjalan-jalan keliling berfoto-foto serta menyicipi makanan khas bontang yaitu Gami bawis yang terkenal. sekitar pukul 18.00 kami berkumpul di parkiran dan bersiap-siap pulang ke Samarinda. Perjalanan pulang menuju Samarinda sedikit mengalami kendala dikarenakan terdapat 2 bus yang kami gunakan mengalami masalah yaitu ban bocor dan mogok. Hal ini terjadi berkali-kali sehingga memakan waktu yang lama untuk sampai disamarinda karena bus-bus yang tidak mengalami masalah ikut membantu dan menunggu bus yang bermasalah.

Mogok serta bocornya ban bus banyak yang mengasumsikan berkaitan dengan hal-hal mistis tapi semua itu diluar kehendak manusia sehingga sebelum pulang kami memutuskan untuk berdoa bersama agar tidak ada hal-hal yang tidak di inginkan terjadi kembali. Sekitar pukul 23.30 wita kami sampai disamarinda dan langsung menuju dekanat fisip unmul. Banyak orangtua mahasiswa yang sudah menunggu kepulangan kami yang terlambat dari jadwal seharusnya dan kami pun pulang kerumah masing-masing. Hari itu merupakan pengalaman yang menarik dan menyenangkan tidak hanya mendapat ilmu yang bermanfaat bagi kami tapi kami juga bisa menghabiskan waktu bersama-sama seharian tanpa adanya perbedaan kelas A ataupun B. Kami menyatu menjadi satu yaitu mahasiswa-mahasiswi Komunikasi. Menyisakan cerita yang menarik bagi setiap mahasiswa yang ikut dalam study tour ini untuk dikenang dan diceritakan kembali.