Perlahan-lahan Patrick Kluivert mulai mendapat tempat di hati masyarakat pencinta sepak bola di Indonesia, meskipun pelatih asal Belanda itu belum punya portofolio di Timnas Indonesia.
Maksudnya, belum sekalipun Timnas Garuda berlaga dengan menerapkan racikan dari Patrick, karena debut Patrick baru akan dimulai 15 Maret mendatang ketika bertandang ke Australia.
Langkah simpatik Patrick menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, tidak hanya dengan PSSI, tapi juga pelatih dan manajemen klub Liga 1, telah memunculkan harapan publik.
Suara yang memepertanyakan keputusan PSSI memecat Shin Tae-yong (STY) pun mulai berkurang, karena diakui STY Â punya kelemahan dalam berkomunikasi.
Namun demikian, harus diakui, STY sangat populer di Indonesia, sampai-sampai dipakai sebagai bintang iklan. Tentu, produsen dari produk yang iklannya dibintangi STY, yakin figur STY akan menaikkan omzet produknya.
Bahkan, ada pengamat yang berpendapat, seandainya STY menjadi WNI dan ikut pemilu, mungkin akan terpilih jadi anggota legislatif atau kepala daerah.
Hingga sekarang, meskipun STY tak lagi menjadi pelatih Timnas Indonesia, iklan yang dibintanginya masih tayang di layar kaca, pertanda namanya masih "menjual".
Saat awal STY menjadi bintang iklan, sempat ada pro dan kontra antar pengamat. Ada yang setuju STY melakukannya sepanjang tidak melanggar kontraknya dengan PSSI.
Tapi, ada pula yang berpendapat tindakan STY tersebut tidak etis. Bahkan, Pelatih Persija Jakarta di masa 2 atau 3 tahun yang lalu, Thomas Doll, melayangkan sindiran pedas kepada STY.
Thomas Doll menyindir STY yang menjadi model iklan produk mi instan. Dalam iklan tersebut, STY menggunakan jas berwarna kuning dan celana formal.Â
Rambut STY terlihat rapi dan disisir ke arah kiri (kalau di lapangan hijau rambut STY sering acak-acakan diterpa angin). STY juga berjoget ala boyband Korea dengan latar musik yang bersemangat dalam tayangan iklan.