Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Anies Baswedan, Rumah Sakit, dan Obat Nyamuk

4 Agustus 2022   08:11 Diperbarui: 4 Agustus 2022   08:15 412 54 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Anies Baswedan pada peresmian penggunaan istilah "Rumah Sehat untuk Jakarta"|dok. Intan Afrida Rafni/disway.id

Harus diakui, memanfaatkan masa jabatannya yang tinggal menghitung hari, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkesan semakin kreatif saja.

Sepertinya Anies tak pernah kehabisan ide, dari hal-hal yang bersifat spektakuler hingga yang bersifat "remeh temeh" yang berpotensi menuai pro dan kontra dari warga Jakarta.

Kalau soal yang spektakuler, Anies sering menyebutkan istilah "mahakarya" untuk Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak tidak jauh dari objek wisata Ancol.

Anies cerdik dengan memanfaatkan momentum tertentu untuk mempromosikan JIS, seperti menggunakannya untuk salat idul fitri dan juga idul adha.

Sayangnya, pada gelaran Liga 1 yang sudah mulai berlangsung, Persija sebagai klub kebanggaan warga ibu kota justru lebih tertarik menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga di Kota Bekasi, Jawa Barat, sebagai homebase.

Contoh lain yang juga boleh dibilang spektakuler adalah keberhasilan Jakarta sebagai tuan rumah lomba balap mobil Formula E beberapa waktu lalu.

Nah, apa kreativitas Anies yang "remeh temeh"? Istilah remeh temeh mungkin kurang pas untuk digunakan di sini, mohon maaf bagi pembaca yang tidak setuju.

Pertama, adalah penggantian nama 22 jalan di Jakarta dengan nama sejumlah tokoh asal Jakarta atau yang berasal dari etnis Betawi.

Ternyata, penggantian nama tersebut memakan biaya yang tidak sedikit, bukan sekadar mengganti papan nama jalan. Tapi, papan nama toko, kantor, atau bangunan lainnya di sepanjang jalan tersebut, juga perlu diganti.

Belum lagi berbagai dokumen dari warga yang beralamat di jalan yang diganti, meskipun penggantiannya digratiskan, tetap mengorbankan waktu dan tenaga bagi masyarakat.

Kedua, ini yang baru saja terjadi, yakni Anies resmi mengubah seluruh nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta menjadi "Rumah Sehat untuk Jakarta".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan