Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Sabu Raijua, Bupati WNA, dan Grand Canyon yang Tersembunyi

20 Februari 2021   16:00 Diperbarui: 20 Februari 2021   16:03 259 54 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sabu Raijua, Bupati WNA, dan Grand Canyon yang Tersembunyi
dok. verita amahorseya, melalui mytrip.co.id

Mendadak sontak nama kabupaten Sabu Raijua banyak diberitakan media massa nasional. Padahal, kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan diresmikan pada tahun 2008 itu, sebelumnya relatif kurang dikenal secara nasional.

Ternyata ada hikmahnya kalau bupati terpilih di kabupaten yang terdiri dari Pulau Sabu dan Pulau Raijua dan terletak di lautan sebelah barat Pulau Timor atau sebelah timur Pulau Sumba itu, seorang yang memegang paspor Amerika Serikat (AS).

Maka terjadilah kehebohan, ada warga negara asing (WNA) yang diberi amanah oleh masyarakat Sabu Raijua menjadi pemimpin di sana. Setelah terkuaknya kasus ini, nasib bupati terpilih yang bernama Orient Riwu Kore itu, masih belum jelas, apakah akan dilantik atau tidak.

dok. IDN Times, dimuat nttbangkit.com
dok. IDN Times, dimuat nttbangkit.com
Orient sendiri sebetulnya seratus persen berdarah NTT. Hanya saja, kemudian ia merantau dan bekerja di AS. Ia juga menikahi wanita AS dan akhirnya menjadi warga negara AS. 

Hidup mapan di negara maju, tidak membuat Orient melupakan harapan orangtuanya untuk berbakti di kampung halaman. Maka, menjadi bupati adalah caranya untuk berbakti. Sayangnya, mungkin ia lupa, atau tidak tahu, bahwa Indonesia tidak membolehkan warganya punya 2 kewarganegaraan.

Foto: Albert Aquinaldo, dimuat kumparan.com
Foto: Albert Aquinaldo, dimuat kumparan.com
Terlepas dari bagaimana nasib Orient nantinya, jika ditelusuri pada berbagai situs pariwisata di NTT, ternyata ada surga tersembunyi di Sabu Raijua. Disebut tersembunyi, karena selama ini pariwisata NTT seolah identik dengan Labuan Bajo dan Pulau Komodo.

Atau, kalau boleh ditambah dengan objek wisata lain, maka Danau Kelimutu yang disebut juga dengan "Danau Tiga Warna" di pertengahan Pulau Fores, yang juga relatif lumayan dikenal secara nasional.

Tapi, cobalah berselancar di dunia maya dan temukan objek wisata Kelabba Maja yang merupakan salah satu objek unggulan di Sabu Raijua. Kelabba Maja berupa bukit yang dijuluki Grand Canyon yang tersembunyi, karena mirip dengan kawasan wisata di Arizona (AS) itu. 

Di Kelabba Maja ada tebing-tebing curam dan ngarai dengan warna menawan seperti terlihat pada foto kedua di tulisan ini. Tak heran, pada tahun 2018, Kelabba Maja meraih gelar "Surga Tersembunyi Terpopuler" pada Anugerah Pesona Indonesia.

Selain itu, pada foto pertama ada objek wisata Bukit Salju, yang cocok untuk berfoto tanpa perlu pakai jaket tebal seperti di Eropa. Soalnya, warna putih yang menyelimuti bukit, bukan salju, tapi bukit kapur yang sudah mengeras sehingga mirip salju. 

Tentu masih banyak objek lain di Sabu Raijua, antara lain berupa pantai yang indah atau merasakan sensasi memakai pakaian adat setempat dan mengambil foto, seperti pada foto ketiga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN