Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bertukar Peran dalam Rumah Tangga? Maaf, Saya Kalah Telak

1 November 2020   16:12 Diperbarui: 1 November 2020   18:46 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. shutterstock/makistock, dimuat popmama.com

Bertukar peran dalam rumah tangga? Saya mau-mau saja, tapi saya kalah telak ketimbang istri saya. Begini, istri saya lumayan banyak kemampuannya dalam mengerjakan pekerjaan yang masuk wilayah laki-laki, sedangkan saya sangat terbatas kemampuannya menggantikan peran istri.

Tentu saja, yang disebut dengan peran istri dan peran suami, mengacu pada pandangan yang turun temurun, bahwa (selain mencari nafkah) pekerjaan yang berat secara fisik adalah wilayah suami dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga  menjadi domain istri. Namun, sekarang pola pembagian pekerjaan seperti itu, menurut saya sudah tidak relevan.

Tapi baiklah, anggap saja pandangan tradisioanl itu betul. Hanya saja, bertukar peran, meskipun saya dalam posisi kalah telak, telah lama kami lakukan. Soalnya, sudah 5 tahun terakhir  kami sengaja tidak lagi menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART).

Tidak saja karena kami beberapa kali kehilangan uang yang kami duga diambil ART (bahkan suatu kali memang terbukti dan diakuinya), tapi juga berbagai ulah lain yang membuat kami kesal.  Hanya di awal kami berumah tangga, kami punya ART yang cocok secara chemistry, sehingga bisa bertahan selama sekitar 5 tahun.

Setelah itu kami terpaksa gonta ganti ART. Ada yang tidak cocok karena ART-nya sering didatangi pacarnya, ada yang kerjanya asal-asalan sehingga terpaksa diulangi oleh istri saya. Tapi pergantian ART lebih banyak karena mereka tidak kembali setelah mudik lebaran. Padahal, kami telah memberi uang bulanan di atas rata-rata yang diterima ART pada umumnya. Juga bonus dan ongkos transportasi untuk kembali ke Jakarta.

O ya, untungnya ketika kami sudah tidak menggunakan ART, 3 orang anak kami sudah besar. Anak terkecil sudah duduk di bangku SMA. Masalahnya, saya dan istri termasuk gagal dalam mendidik anak agar mereka disiplin dalam mengerjakan tugas rumah tangga. Paling tidak, kami berharap masing-masing anak bisa mengurus kamar mereka dan juga mengurus pakaian serta perlengkapan sekolahnya.

Kenyataannya, kamar anak-anak lebih sering berantakan. Saya dan istri juga sama-sama bekerja, sehingga kondisi rumah jadi mirip kapal pecah. Tapi, ya, kami nikmati saja. Tanpa ART rasanya kami jadi lebih bebas, meski rumah berantakan.

Alhasil, pada hari libur, istri saya sibuk bekerja ekstra keras merapikan kapal pecah itu. Dalam hal ini, peran saya memang sangat minim. Hanya sesekali saya menyapu dan membersihkan debu. Mengepel lantai, jujur, sulit saya lakukan, malah jadi makin berantakan.

Berpindah ke area dapur, lagi-lagi saya kalah telak, karena hanya memasak air yang bisa saya lakukan dengan baik. Kami sehari-hari memakai air tanah di rumah sendiri menggunakan pompa air dan ditampung dalam tanki air besar. Rasanya lebih pas di lidah ketimbang air dalam kemasan galon yang menggunakan dispenser. Tapi kami menyetok air dalam kemasan, terutama untuk tamu yang datang.

Mencuci piring menurut saya bukan pekerjaan ringan. Saya sebetulnya bisa melakukannya, tapi lebih sarang malas. Untungnya sering dibantu anak-anak, tidak saja si bungsu yang cewek, tapi juga si sulung yang cowok.

Satu hal yang saya sukai, anak saya yang tengah, seorang cowok, pintar memasak. Ketika istri saya tidak punya waktu memasak, ia berinisiatif menggoreng telur atau chicken nugget, bahkan ia bisa menggoreng irisan kol yang dilumuri tepung. Nasi goreng buatannya pun lumayan enak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun