Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Presiden Jokowi Pastikan Indonesia Siap Gelar MotoGP 2021

14 Maret 2019   17:52 Diperbarui: 15 Maret 2019   10:39 0 10 0 Mohon Tunggu...
Presiden Jokowi Pastikan Indonesia Siap Gelar MotoGP 2021
Presiden RI, Joko Widodo menerima CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di Istana kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin (11/3/2019)| Sumber: bolasport.com

Sebuah kabar gembira bagi penggemar balap motor, Presiden Jokowi telah memastikan bahwa Indonesia siap menggelar perhelatan besar MotoGP 2021 dengan memakai sirkuit jalanan di Kawasan Wisata Mandalika, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Penegasan Presiden tersebut disampaikan saat bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Dorna, nama perusahaan yang menjadi promotor MotoGP, Carmelo Ezpelata, di Istana Presiden di Bogor, Jawa Barat pada Senin, 11 Maret 2019 yang lalu.

Carmelo yang telah meninjau langsung ke Lombok mengakui bahwa sirkuit jalanan di sana sangat indah karena berdekatan dengan pantai di kawasan Mandalika, sehingga penyelenggaraan MotoGP di Indonesia akan berbeda dari yang selama ini ada.

Sebetulnya dari awal tahun ini, kepastian Indonesia ditunjuk sudah didapatkan dengan tercapainya kesepakatan antara promotor dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Namun rupanya Carmelo ingin mendapat penjelasan langsung dari Presiden Jokowi tentang kesiapan Indonesia karena ada sejumlah infrastruktur yang perlu dibangun, dan Presiden telah menegaskan dukungannya untuk pembangunan tersebut.

Presiden berpendapat infrastruktur untuk sirkuit jalanan bukan hanya untuk keperluan MotoGP semata, tapi juga akan bermanfaat bagi perkembangan pariwisata Lombok dalam jangka panjang. Jadi, ini bukan hal yang mubazir.

Sukses Indonesia meneyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games 2018 menjadi bukti bahwa Indonesia semakin diperhitungkan sebagai tuan rumah berbagai event olahraga dengan lingkup internasional. 

Seperti diketahui, MotoGP adalah event balap motor terbesar di dunia, liputannya pasti akan membuat dunia menoleh ke Lombok di tahun 2021 mendatang.

Beberapa nama terkenal dari ajang ini antara lain Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso. Yang disebut terakhir merupakan juara seri pembuka tahun ini yang diselenggarakan di Qatar.

Sebetulnya, pada dekade 1990-an lalu, tepatnya di tahun 1996 dan 1997, Indonesia sudah membuat sejarah dengan terpilihnya Sirkuit Sentul menjadi salah satu tempat lomba MotoGP.

Setelah Indonesia dilanda krisis moneter dan tumbangnya Orde Baru, Sentul tidak lagi digunakan untuk MotoGP. Nah, ternyata butuh waktu 24 tahun Indonesia kembali dipercaya menyelenggarakan ajang yang sangat prestisius itu, namun lokasinya di kawasan wisata unggulan, Mandalika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x