Mohon tunggu...
Irwan Fajri
Irwan Fajri Mohon Tunggu... Guru Olahraga

saya adalah seorang guru olahraga di MAN 2 Padang Panjang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menjadi Guru Olahraga adalah Pilihan Pertama

15 Januari 2020   22:02 Diperbarui: 15 Januari 2020   22:01 11 2 2 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Irwan Fajri saya adalah guru olahraga di MAN 2 Kota Padang Panjang. Sebenarnya menjadi guru bukanlah cita-cita saya waktu kecil, dulu saya malah ingin jadi pengusaha, pedagang dan pekerjaann sejenis lainnya. Tetapi setelah kelas 3 SMA keinginan untuk menjadi guru mulai muncul setelah mendapat masukan-masukan dan saran dari orang-orang terdekat. Ibu kandung saya adalah seorang guru dan beliau juga yang banyak memberi masukan untuk mengambil jurusan keguruan.

Ketika akan masuk kuliah, saya mulai bingung mau mengambil jurusan apa. Banyak sekali pilihan untuk jurusan dibidang keguruan atau pendidikan. Saya harus memilih tiga jurusan. Dan saya memilih yang paling mendekati dengan minat saya, sehingga akhirnya jurusan pendidikan olahraga menjadi pilihan pertama saya, PGSD pilihan kedua dan jurusan pendidikan sejarah menjadi pilihan ketiga. Saya pilih olahraga karena saya memang suka olahraga, saya pilih PGSD karena itu saran dari orang tua, dan saya juga pilih sejarah karena memang waktu itu saya menyenangi mata pelajaran sejarah.

Untuk jurusan olahraga tidak hanya menggunakan tes tulis tetapi juga ada tes keterampilannya seperti push up, sit up, lari bolak balik, tes keseimbangan dan lari jarak menengah 2.4 km. sehingga untuk menghadapi tes ini saya harus melakukan latihan. Tiga bulan menjelang tes saya giatkan latihan lari 2.4 kerena menurut saya tes yang paling berat adalah tes tersebut, lebih-lebih tesnya dilakukan dikota padang dengan suhu cuaca yang panas yang hal tersebut juga menjadi masalah bagi saya yang melakukan latihan didaerah bersuhu dingin.

Hari untuk melakukan tes pun tiba, semua berkas yang dibutuhkan untuk registrasi sudah saya persiapkan. Waktu tes sebenarnya sebentar tetapi karena banyaknya peserta tes membuat waktu tunggu dari tes pertama ke tes berikutnya menjadi begitu lama. Sehingga saya menyelesaikan tes dalam waktu dua hari, dan kebanyakan waktu habis karena menunggu tes berikutnya. Dan semua rangkaian tes telah selesai saya lakukan, dan sesuai prediksi tes lari 2.4 berhasil saya lakukan namun membuat saya tidak sanggup berdiri beberapa saat.

Dan saat pengumuman tes saya dinyatakan lulus dipilihan pertama saya, yaitu jurusan pendidikan olahraga, dan saya sangat bersyukur atas apa yang telah dititipkan tuhan kepada saya. Saat menjalani perkuliahan sangat banyak lika liku yang saya temui, baik itu dari beberapa cabang olahraga yang sulit untuk dikuasai, sampai rumitnya menyelesaikan skripsi. Tetapi Alhamdulillah saya menyelesaikan perkuliahan saya selama 4 tahun, walau sebenarnya waktu itu saya ingin lebih cepat dari itu..

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x